Advertisement

Siap Sambut Delegasi ATF 2023 sejak dari YIA, Ini yang Disiapkan Dispar Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Kamis, 26 Januari 2023 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Siap Sambut Delegasi ATF 2023 sejak dari YIA, Ini yang Disiapkan Dispar Kulonprogo Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Kulonprogo terus menggenjot persiapan sejumlah destinasi dan potensi wisata untuk dipromosikan kepada para delegasi ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023

Sebagai pintu pendaratan para delegasi, Kulonprogo juga menyiapkan sejumlah destinasi dan potensi yang bakal dipromosikan kepada para sebagai ATF.

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Joko Mursito mengatakan kesiapan Kulonprogo dalam gelaran ATF 2023 yang tinggal menghitung hari. Kesiapan ini dilakukan mulai dari penerimaan para tamu undangan ATF di YIA hingga sesi tur berkeliling di Kulonprogo.

"Kulonprogo siap menerima di bandara, kami siap menjemput di bandara. Kemudian kami juga punya beberapa atraksi yang akan kami tampilkan di JEC dan di Prambanan," kata dia, Kamis (26/1/2023).

Pada 6 Februari 2023, kata Joko, para rombongan delegasi ATF akan menikmati langsung sejumlah destinasi wisata di Kulonprogo. Setidaknya ada 20-30 delegasi ATF yang kebagian vakansi di kawasan Kulonprogo.

"Kami kejatah 20-30 wisatawan dari luar negeri dan luar Jogja yang nanti akan bersama-sama ke Kulonprogo. Ini yang sudah kami siapkan," ujar dia.

BACA JUGA: Tinggal Sepekan, GKR Bendara Pastikan Kesiapan Venue ATF Capai 95 Persen

Rencananya puluhan wisatawan akan diajak berwisata ke sejumlah destinasi. Pada hari pertama, para delegasi akan berkunjung ke Gua Kiskendo untuk menyaksikan pertunjukan sendra tari Sugriwa Subali. Setelah itu mereka akan diajak mengunjungi langsung Kopi Sulingan sekaligus melihat konservasi burung.

"Terus kita ke Purwodadi ke kebun teh, terus makan siangnya di Desa Wisata Widosari di sawah Ngargosari  itu. Kemudian kami mampir ke Rajendra Farm. Setelah itu ke hotel," ujarnya.

Pada hari kedua, puluhan turis ATF akan diajak bersepeda atau gowes Wisata Desa Wisata. Saat gowes ini lah para turis bisa melihat langsung aktivitas masyarakat Kulonprogo. "Malamnya baru kami ada dinner, ada pergelaran seni budaya dan ada ramah tamah," ucap dia.

Terkait dengan rincian delegasi mana saja yang akan mendapat kesempatan berwisata Kulonprogo, Joko belum mendapat detailnya. Namun, kata Joko, saat audiensi beberapa waktu lalu Pj. Bupati Kulonprogo berharap ada delegasi dari Rusia. "Sejauh ini kami masih baru menunggu EO, kami akan diberi jatah yang mana, tetapi kota sempat request," ujar dia.

"Harapannya memang tidak hanya dari luar negeri tetapi dari Kalimantan atau Sumatra ada yang datang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 47 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement