Advertisement

Catat! Ini 4 Titik Akses Keluar Masuk Tol Jogja-Solo Sesi 2 di Ringroad Utara Sleman

Sunartono
Sabtu, 28 Januari 2023 - 12:57 WIB
Sunartono
Catat! Ini 4 Titik Akses Keluar Masuk Tol Jogja-Solo Sesi 2 di Ringroad Utara Sleman Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan jalan tol Jogja-Solo Seksi 1 menunjukkan perkembangan yang positif. Hingga 18 Januari 2023 lalu sudah mencapai 26,75% untuk pengerjaan konstruksi. Menariknya tol yang membentang dari Kartasura Jawa Tengah hingga Depok, Sleman ini memiliki banyak akses keluar masuk yang dikenal dengan on ramp dan off ramp yang berada di sesi 2 (seksi 2).

On Ramp merupakan akses untuk masuk ke jalan tol (baik ada gerbang  tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut). Sedangkan off ramp adalah akses untuk keluar jalan tol (bisa ada gerbang tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut. Baik menggunakan sistem terbuka maupun sistem tertutup.

Advertisement

BACA JUGA : Akhirnya Konstruksi Tol Jogja Solo Segera Dibangun di Kalasan, Ini Petanya

Berdasarkan peta trase yang diperoleh Harianjogja.com, setidaknya ada empat akses keluar masuk jalan tol yang berada di sepanjang ringroad utara, Depok, Sleman. Terdiri atas, pertama on/off ramp di kawasan Maguwoharjo yang berdasarkan peta tampak titiknya berada di sebelah utara ringroad tepatnya di Kawasan Sanggrahan sebelah barat SMK 1 N Depok. Akses ini sangat memungkinkan untuk terhubung langsung dengan ringroad timur, Jalan Solo dan Jalan Tajem.

Kedua, on/off ramp UPN, berdasarkan titik petanya berada di sebelah utara ringroad atau sebelah barat Jalan Nusa Indah. Akses keluar masuk tol ini nantinya akan terkoneksi dengan ringroad dan jalan Nusa Indah.

Ketiga on/off ramp Monjali yang berada di sebelah utara ringroad. Adapun titiknya kemungkinan berada di tengah-tengah antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang. Akses ini secara otomatis akan terkoneksi dengan ringroad serta kedua jalan tersebut. Jika tol sudah beroperasi, wisatawan dari luar DIY yang lewat tol dan akan menuju ke Kawasan wisata Kaliurang bisa langsung melewati jalur ini.

Keempat on/off ramp Trihanggo yang berada di simpang empat Trihanggo. Titiknya berada di sebelah utara rongroad. Akses ini selain terkoneksi langsung dengan road, juga terhubung dengan Jalan Kabupaten. Titik on off ini berada di sebelah timur Junction Sleman yang merupakan titik persimpangan antara tol Jogja-Bawen, Jogja-Solo dan Jogja-YIA.

BACA JUGA : Sultan Tegas Tak Akan Melepas Kepemilikan Tanah untuk Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen

Keempat on/off ramp ini dikenal dengan istilah tol dalam kota karena di Kawasan perkotaan Sleman dan Kota Jogja. Rencana pembangunannya menggunakan konstruksi melayang di atas ringroad. “Untuk basic design nya iya [elevated dari Maguwo sampai Trihanggo], jadi basic design itu rencana awal. Nanti bisa berubah lagi karena berbagai faktor, misalnya kondisi tanah atau perhitungan teknis lainnya,” kata Humas PTT JMM Ahmad Izzy belum lama ini.

Adapun terkait rencana pembangunan tol dalam kota atau dari Maguwoharjo sampai Trihanggo ini akan direncanakan paling akhir, setelah Jogja-Solo sampai Purwomartani, Jogja-YIA dan Jogja-Bawen rampung konstruksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement