Advertisement

Tengok Pekarangan, Warga di Gunungkidul Malah Dicurigai Hendak Culik Anak

David Kurniawan
Minggu, 29 Januari 2023 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
Tengok Pekarangan, Warga di Gunungkidul Malah Dicurigai Hendak Culik Anak Ilustrasi penculikan anak. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Seorang warga di Gunungkidul dicurigai hendak menculik anak saat sedang menengok pekarangan miliknya. Polisi meminta masyarakat cermat memilah informasi agar tidak termakan hoaks.

Warga Gari di Kapanewon Wonosari, Gunungkidul, sempat dihebohkan adanya upaya penculikan anak pada Sabtu (28/1/2023) sore. Polsek Wonosari menegaskan kabar penculikan yang beredar hanya kesalahpahaman semata.

Advertisement

Informasi upaya penculikan dua anak yang sedang memancing anak tersebar melalu berbagai grup Whatsapp. Pesan ini menyebut di Kalurahan Gari ada dua orang yang mencurigkan membawa mobil berhenti dan mengawasi gerak gerik kedua anak.

Melihat gelagat tidak baik ini, salah satu orang tua anak berteriak meminta kedua anak segera pulang. Seketika itu, kedua orang langsung naik mobil dan pergi.

BACA JUGA: Waspada, Hoaks Wajah Penculik Anak Beredar di Grup Whatsapp Warga Jogja

Kapolsek Wonosari Kompol Edi Purnomo mengatakan sudah melakukan klarifikasi terkait dengan berita heboh tentang upaya penculikan anak di Kalurahan Gari. Menurut dia, peristiwa tersebut tidaklah benar dan hanya kesalahan semata.

“Saya ke lokasi dan ketemu langsung warga, lurah dan orang yang diduga akan menculik agar semuanya bisa jelas,” kata Edi saat dihubungi Minggu (29/1/2023).

Dia berharap peristiwa ini menjadi pembelajaran agar masyarakat tidak menelan berita yang berkembang secara mentah-mentah. Apabila menerima informasi, diharapkan masyarakat mencari klarifikasi terlebih dahulu sebelum menyebarkannya.

“Memang sempat heboh. Ternyata setelah dicek hanya bersumber dari katanya. Jadi, kalau ada informasi disaring dahulu, sebab kalau langsung bereaksi malah bisa menimbulkan situasi yang kurang baik di masyarakat,” katanya.

Meski demikian, Edi tetap meminta kepada masyarakat tetap hati-hati dan waspada karena potensi kriminalitas yang menyangkut dengan anak tetap ada. Selain itu, juga ada potensi lain seperti kecelakaan karena kedua anak yang diisukan diculik sedang bermain di kali.

“Harus diawasi agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Lurah Gari, Widodo. Menurut dia, sempat ada kabar upaya penculikan di wilayahnya. Namun setelah dilakukan klarifikasi berita tersebut tidak benar.

BACA JUGA: Kisah Lengkap Bocah 9 Tahun di Jogja Dikabarkan Lolos dari Penculikan Anak

“Baru dugaan, tapi sudah dicek ternyata orang disangka merupakan bekas warga Gari sehabis menjenguk ibunya yang sakit. Kemudian datang melihat perkarangan yang dimilikinya,” katanya.

Widodo menambahkan, dugaan upaya penculikan muncul karena ada mobil diparkir dengan pintu terbuka di ladang. Di saat bersamaan ada dua anak yang sedang memancing di dekat parkiran.

“Kebetulan saat si ibu memanggil anaknya meminta pulang, pengendara mobil ini juga pergi sehingga munculah dugaan tersebut,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement