Advertisement

PKBI DIY Gelar Vaksinasi Booster Kedua untuk Kelompok Rentan dan Masyarakat Jogja

Media Digital
Senin, 30 Januari 2023 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
PKBI DIY Gelar Vaksinasi Booster Kedua untuk Kelompok Rentan dan Masyarakat Jogja Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DIY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Jogja menggelar vaksinasi booster kedua untuk warga Jogja, Senin (30/1/2023). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DIY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Jogja menggelar vaksinasi booster kedua untuk warga Jogja, Senin (30/1/2023).

Peserta vaksinasi ini meliputi lansia, komunitas waria, disabilitas, dan masyarakat umum di Jogja. Vaksinasi booster juga melibatkan sejumlah pengurus organisasi non pemerintah dari berbagai organisasi/lembaga di Jogja.

Advertisement

“Saya ikut vaksinasi ini demi kesehatan, karena jika sehat kan jadi bisa beraktivitas usaha dengan baik,” ujar Arum, waria yang memiliki usaha produk kerajinan.

Sejak awal pandemi Covid-19 2020 lalu, PKBI DIY bekerja sama dengan berbagai pihak terlibat dalam kegiatan penanganan Covid mulai penyediaan baju alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga kesehatan, penyediaan tabung oksigen buat pasien positif covid yang membutuhkan, hingga kegiatan santunan bagi kelompok marginal seperti komunitas waria, anak jalanan, dan warga miskin yang terdampak Covid-19.

“Kami tidak bekerja sendiri, sejak awal pandemi kami dibantu dan bekerjasama dengan berbagai pihak, baik itu pribadi maupun organisasi yang peduli dengan situasi Covid-19. Bahkan dulu, kami pernah dibantu para tukang jahit di Yogyakarta saat memproduksi baju APD,” ujar Budhi Hermanto, Direktur Eksekutif Daerah PKBI DIY.

PKBI DIY saat ini sedang gencar melakukan vaksinasi booster Covid-19, khususnya untuk kelompok rentan seperti lansia, kelompok disabilitas, dan warga di pelosok perdesaan di DIY yang belum terjangkau oleh kegiatan vaksinasi.

“Dalam data Kemenkes, capaian vaksinasi di DIY nomor tiga secara nasional, mencapai 102,01%. Namun begitu, masih terdapat warga yang belum mengkases vaksinasi booster pertama maupun kedua, khususnya para lansia dan penyandang disabilitas,” ujar Budhi Hermanto.

Vaksinasi dilakukan oleh PKBI DIY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dinas Kesehatan Kulonprogo, Save The Children, dan Kemitraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP) . Vaksinasi dengan cara berkeliling ke pedesaan ini untuk mendekatkan layanan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, khususnya kelompok rentan seperti lansia, disabilitas, dan kelompok rentan lainnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement