Advertisement

Tambah Daya Listrik, JEC Siap Digunakan untuk Kegiatan Travex ATF 2023

Abdul Hamied Razak
Selasa, 31 Januari 2023 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Tambah Daya Listrik, JEC Siap Digunakan untuk Kegiatan Travex ATF 2023 Bobby Ardyanto Setyo Ajie/ Ist. - dok. Pribadi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Persiapan penyelenggaraan event ASEAN Tourism Forum (ATF) dan Travel Exchange (Travex) di Jogja Expo Center (JEC) 2-5 Februari 2023 terus dimatangkan. Perbaikan venue kegiatan Travex di JEC pun diklaim sudah 100%.

Direktur Utama JEC, Endro Wardoyo mengatakan seluruh venue di JEC sudah selesai diperbaiki. Perbaikan dilakukan secara menyeluruh. Seperti AC seluruh ruangan lokasi eksibisi sudah diperbaiki dan berfungsi normal. Bangunan mushola di sisi Timur gedung JEC juga sudah siap digunakan pengunjung. 

Advertisement

"Seluruh toilet dan kamar mandi di masing-masing hall juga sudah siap digunakan. Masing-masing hall terdapat 8 bilik toilet baik untuk ruangan toilet perempuan dan juga laki-laki," katanya, Selasa (31/1/2023).

Endro menjelaskan, selain perbaikan venue di gedung utama lahan parkir untuk menampung kendaraan pengunjung juga sudah disiapkan. Dengan demikian penggunaan JEC sebagai salah satu venue ATF khususnya kegiatan Travex sudah siap digunakan. "Begitu juga dengan lampu-lampu penerangan sudah standar untuk even eksbisi internasional," katanya.

Pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk event ini sejak empat bulan lalu. Mulai dari pemeliharaan hingga upgrade fasilitas gedung, termasuk salah satunya dengan memperkuat kehandalan listrik gedung JEC. Endro berharap dukungan penuh dari PLN untuk menjaga kehandalan kelistrikan selama pelaksanaan ATF.

"Kegiatan Travex akan dibuka resmi pada 3 Februari mendatang oleh GKR Hemas dan Nur Asia Sandiaga Uno. Forum ini memfasilitasi penjualan, pembelian, dan promosi kawasan secara internasional, baik B2C di hall A maupun B2B di hall B dan C," ujar Endro.

Manager PLN UP3 Yogyakarta Ahmad Samsuri menyampaikan ATF merupakan event internasional yang akan dihadiri para menteri dan pejabat tinggi dari negara-negara ASEAN. Event tersebut berfokus pada pembahasan isu-isu pariwisata di kawasan ASEAN dengan mengusung tema "Journey to Wonderful Destination".

Selain JEC yang dipilih sebagai lokasi eksibisi dalam rangkaian ATF 2023, katanya, event ATF akan diselenggarakan di dua lokasi lainnya yaitu Prambanan dan Mariott Hotel. "Kesiapan Indonesia utamanya Pemda DIY tentu akan menjadi pusat perhatian. Oleh karenanya, PLN berkomitmen untuk memperkuat kehandalan listrik di JEC demi kelancaran ATF 2023 ini," katanya.

Untuk mendukung penyelenggaraan Travex, katanya, PLN melakukan penambahan daya dari sebelumnya P2/ 690.000 VA menjadi LP2/ 1.110.000 VA untuk menunjang kelistrikan berbagai fasilitas baru di lingkungan gedung JEC. 

Sebagai Pelanggan Premium Silver PLN, lanjut Samsuri, suplai kelistrikan ke JEC memiliki banyak keunggulan. Salah satunya bisa segera menyala kembali dalam waktu kurang dari satu detik ketika terjadi gangguan pada salah satu jaringannya. Pelanggan premium juga dilayani oleh satu orang Account Executive apabila mengalami kendala.

"Keunggulan ini sudah seharusnya dimiliki gedung atau bangunan yang membutuhkan kehandalan listrik yang terjaga seperti JEC, mengingat banyaknya event-event penting di selenggarakan di sini," katanya. 

Sekretaris Panitia Pelaksana ATF 2023 Bobby Ardianto mengatakan para delegasi dan peserta ATF maupun Travex akan tiba di Jogja mulai 1 Februari. "Delegasi akan datang mulai siang hingga malam sesuai jadwal kedatangan pesawat. Misalnya ada delegasi dari Jepang dan Korea yang dijadwalkan tiba di Jogja pada awal Februari," katanya.

BACA JUGA: Sultan: Perjanjian Sewa Tanah SG untuk Tol Jogja Akan Dirancang Kemenkumham

Opening Ceremony kegiatan ATF, katanya, akan dilaksanakan di Candi Prambanan. Lokasi pembukaan ATF dipusatkan di area Sendatari Ramayana. Kegiatan tersebut akan diikuti para Delegasi Meeting, Exhibitors, Buyers, Media, dan Tamu Undangan Daerah. Termasuk tamu-tamu penting seperti Para Menteri Pariwisata ASEAN, Menteri Pariwisata Negara Partner ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan Gubernur DIY.

Selain jamuan makan malam, para tamu juga akan menikmati pementasan teater Sendatari Ramayana setelah Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi Agenda ATF 2023 pada 3 Februari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement