Advertisement

Mahasiswa National University Singapura Belajar Bahasa Indonesia lewat Koran

Hadid Husaini
Jum'at, 03 Februari 2023 - 23:27 WIB
Arief Junianto
Mahasiswa National University Singapura Belajar Bahasa Indonesia lewat Koran Sejumlah mahasiswa didampingi para pendamping kursus Bahasa Indonesia dari Univeritasa Sanata Dharma saat di kantor Harian Jogja, Kamis (2/2/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sejumlah mahasiswa dari National University of Singapore belajar bisnis media massa sekaligus mengenal lebih dalam bahasa Indonesia saat mengunjungi kantor Harian Jogja, Kamis, (2/2/2022).

Kunjungan mereka ke Harian Jogja tersebut terkait dengan kerja sama dengan Indonesia and Language and Culture Intensive Course (ILCIC) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Advertisement

Peserta program, Wang Zhe Xiang menyampaikan pengalamannya setelah enam pekan berada di Kota Gudeg. “Kami di sini melihat media massa di Jogja. Kami akhirnya paham orang- orang dan budaya Jogja,” ujarnya, Kamis.

BACA JUGA: Puluhan Mahasiswa Diterjunkan Ikut KKN di Arab Saudi

Dia kini mengaku sudah lebih mengetahui kondisi sosial budaya di Jogja. Menurut dia, masyarakat Jogja memiliki keteguhan terhadap nilai-nilai budaya Jawa yang kuat. “Kami belajar bahasa Indonesia dari dasar. Tantangan terbesar adalah struktur bahasa dan banyak sekali perbendaharaan katanya,” ucap Wang.

Sementara itu, salah satu redaktur Harian Jogja, Maya Herawati menyampaikan bahwa Harian Jogja memiliki literasi dengan muatan lokal melalui produk informasinya. “Kami tidak sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia baku, kami menggunakan istilah Jawa karena pembaca kami adalah orang Jawa,” ucapnya.

Maya menyampaikan bahwa Harian jogja sebagai media lokal selalu berusaha dekat dengan nilai-nilai budaya melalui berita dan konten yang diproduksi. “Para wisatawan ketika membaca berita Harian jogja akan merasa antusias, sehingga mereka akan berkunjung ke Jogja,” ujar Maya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement