Advertisement

Datangi Kampung Batik Giriloyo, Delegasi ATF 2023 Disuguhi Sayur Lodeh dan Gudangan

Hadid Husaini
Senin, 06 Februari 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Datangi Kampung Batik Giriloyo, Delegasi ATF 2023 Disuguhi Sayur Lodeh dan Gudangan Delegasi ASEAN Tourism Forum (ATF) mendapat penjelasan produk kerajinan secara langsung pada sesi post tour di Kampung Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Senin (6/2/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Sejumlah delegasi ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 mengikuti kegiatan post tour di Sentra Kampung Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogori, Bantul, Senin (6/2/2023).

Para tamu disambut kesenian gejog lesung khas tradisional Jogja menggunakan lurik dan pakaian kemerahan. Sejenak para tamu tersebut langsung terpesona dan mengabadikan kesenian tersebut setelah turun dari mobil.

Advertisement

Para tamu disuguhkan dengan berbagai hidangan khas untuk makan siang. Setelah makan siang. Sayur lodeh dan gudangan menjadi andalan dalam hidangan untuk makan siang para delegasi yang hadir dan juga tamu yang datang.

Para tamu delegasi diberikan penjelasan mengenai berbagai produk kerajinan dan makanan.Sejumlah delegasi dari Malaysia tampak interaktif dengan dengan para penjaga stan yang juga fasih berbahasa Inggris. 

BACA JUGA: Catat! Ini Hasil Kesepakatan Pertemuan ATF 2023 di Jogja

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan ajang post tour di Kabupaten Bantul menyasar sejumlah tempat salah satunya adalah Kampung Batik Giriloyo ini karena ingin menawarkan sensasi baru.

“Ketika bicara budaya, tentunya Wukirsari ini punya karakter yang berbeda, Wukirsari punya budaya kuat dan tiga warisan budaya ada di wukirsari dan Imogiri. Mereka bisa melihat proses, sejarah dan makna dari batik, keris, wayang, semua ada nilai filosofisya,” ujar Kwintarto.

Dia juga menyampaikan kejayaan Bantul  di masa lalu sebagai awal berdirinya Mataram. Dengan berkunjungnya para delegasi tersebut ke Bantul menurut Kwintarto sebagai ajang untuk mencapai target Bantul menuju Wisata Internasional 2025. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement