Advertisement

Mulai 2024, Pedagang Teras Malioboro 2 Akan Dipindah ke Dua Lokasi Ini

Yosef Leon
Selasa, 07 Februari 2023 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
Mulai 2024, Pedagang Teras Malioboro 2 Akan Dipindah ke Dua Lokasi Ini Gubernur DIY Sri Sultan HB X (tengah) dalam perayaan satu tahun Teras Malioboro 1, Selasa (7/2/2023). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pedagang di Teras Malioboro 2 akan dipindah akhir 2024. Pemda DIY sudah menyiapkan dua lokasi alternatif untuk menampung para pedagang yang dahulu berjualan di trotoar Jalan Malioboro ini.

Pemda DIY berencana memindahkan pedagang di Teras Malioboro 2 ke dua lokasi, yakni sebelah utara Teras Malioboro 1 di lahan seluas 2.000 meter persegi dan di Ketandan di lahan seluas 3.500 meter persegi. Sementara, Teras Malioboro 2 akan dijadikan Jogja Planning Gallery (JPG).

Advertisement

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan Pemda DIY telah membebaskan lahan di di utara Teras Malioboro 1 untuk pembangunan gedung baru.

Lahan 2.000 meter persegi di utara Teras Malioboro 1 sudah dibebaskan tahun lalu dengan anggaran Rp40 miliar hingga Rp50 miliar menggunakan dana keistimewaan. Detail engineering design (DED) untuk gedung baru bagi pedagang Teras Malioboro 2 sudah dirampungkan beberapa waktu lalu dan masih akan dievaluasi.

BACA JUGA: Begini Gambaran Desain Arsitektur Jogja Planning Gallery di Malioboro

“Tentu kami selesaikan dulu bangunannya. Target kami di pengujung 2024 sudah bisa mulai dipindah. Pada 2025 gedung DPRD DIY juga pindah dan JPG sudah dibangun,” kata Sultan seusai perayaan satu tahun pedagang Teras Malioboro 1, Selasa (7/2/2023). 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menjelaskan tahun ini jawatannya berencana membebaskan lahan 3.500 meter persegi di Ketandan untuk menampung ratusan pedagang di Teras Malioboro 2.

“Semuanya lahan milik pribadi,” kata Siwi. 

BACA JUGA: Jogja Planning Gallery Segera Dirancang, Tahun Depan Dibangun

Rencananya pedagang Teras Malioboro 2 dipindah ke dua lokasi baru secara serentak saat lokasi yang disiapkan sudah rampung. Area gedung utara Teras Malioboro 1 akan disambungkan dengan Teras Malioboro 1 melalui Jalan Beskalan, Malioboro.

“Kantong parkir bisa di Beskalan. Teras Malioboro ini konsepnya memang kawasan, sehingga ekosistemnya terpadu.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement