Advertisement

Kontraktor Tol Jogja Bawen Perbaiki Jalur Tempel Dekso yang Rusak Dilewati Angkutan Proyek

Lugas Subarkah
Kamis, 09 Februari 2023 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Kontraktor Tol Jogja Bawen Perbaiki Jalur Tempel Dekso yang Rusak Dilewati Angkutan Proyek Pengerjaan konstruksi jalan tol Jogja-Bawen di wilayah Seyegan dan Tempel, Senin (19/9/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ruas jalan Tempel-Dekso di Sleman yang rusak karena menjadi jalur angkutan proyek Tol Jogja Bawen sudah diperbaiki kontraktor. Pemerintah dan pelaksana proyek tol sudah bersepakat tentang siapa yang memperbaiki kerusakan jalan.

Pejabat Humas Jasamarga Jogja Bawen (JBB), Rizky Nugraha, mengatakan kerusakan di jalan Tempel-Dekso sudah diperbaiki beberapa waktu lalu. “Sudah diperbaiki sama kontraktor Adhi Karya kemarin,” ungkapnya, Kamis (9/2/2023).

Advertisement

Selanjutnya, jika ada kerusakan jalan yang disebabkan pengerjaan konstruksi tol, JBB akan mengkaji dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. “Harus dikaji dulu dan itu harus koordinasi dengan PU [Pekerjaan Umum] kalau untuk jalan umum,” kata dia.

Sementara, Pemkab Sleman telah beraudiensi dengan Pemda DIY dan kontraktor. Semua pihak menyepakati kerusakan akibat pengerjaan konstruksi tol, baik Tol Jogja Solo maupun Tol Jogja Bawen, akan diperbaiki kontraktor.

BACA JUGA: Jalan Rusak Akibat Proyek Tol Jogja, Begini Solusi dari Pemkab Sleman

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman, Taufik Wahyudi, menjelaskan dalam audiensi tersebut, kontraktor siap memperbaiki kerusakan jalan yang disebabkan aktivitas pengerjaan konstruksi tol.

“Seperti kejadian di Tempel [Jalan Tempel-Dekso], langsung dieksekusi juga. Artinya pelaksana proyek jalan tol yang bertanggung jawab,” katanya, Kamis (9/2/2023).

BACA JUGA: Jalan Umum ke Proyek Tol Jogja Solo Rusak Dilewati Truk Pengangkut Tanah Uruk, Ini Respons JMM

Menurut dia, kecepatan dan kualitas perbaikan jalan harus diperhatikan. Ia berharap jalan rusak segera diperbaiki sehingga tidak mengganggu pengguna jalan. Pemkab Sleman tidak menyediakan jalur khusus untuk kendaraan proyek Tol Jogja Solo maupun Jogja Bawen.

“Masalahnya kalau kami mengalihkan arus angkutan proyek tol, jalan yang akan dilewati tetap rusak. Kerusakan jalan sudah risiko, nanti dari pelaksana proyek tol yang memperbaiki,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement