Advertisement

Buntut Kasus Pamer Harta, Eko Darmanto Dicopot dari Jabatan Kepala Bea Cukai Jogja

Sunartono & Budi Cahyana
Rabu, 01 Maret 2023 - 17:13 WIB
Sunartono
Buntut Kasus Pamer Harta, Eko Darmanto Dicopot dari Jabatan Kepala Bea Cukai Jogja ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Keuangan secara resmi mencopot Eko Darmanto dari jabatan sebagai Kepala Bea Cukai Jogja. Pencopotan itu dilakukan sebagai tindaklanjut dari pamer harta yang dilakukan Eko dengan mengunggah sejumlah hartanya ke media sosial.

Pencopotan Eko Darmanto sebagai Kepala Bea Cukai Jogja disampaikan secara langsung oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di kantor Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu, Rabu (1/3/2023) sore.

Advertisement

“Dalam rangka pemeriksaan yang bersangkutan [Eko Darmanto] dibebastugaskan dari jabatannya. Ini sudah kami instruksikan kepada Direktorat Jenderal Bea Cukai [untuk dibebastugaskan],” kata dalam konferensi pers melalui Tiktok, Rabu.

BACA JUGA : Bea Cukai Trending di Media Sosial, Jogja Corruption Watch

Ia mengatakan Kementerian Keuangan sudah melakukan pemanggilan terhadap Eko Darmanto dan melakukan klarifikasi terkait sejumlah harta bendanya yang diunggah di akun medsos. Salah satunya terkait pamer pesawat Cessna.

“Kalau dari hasil pemeriksaan DJBC bahwa pesawat tersebut milik FASI dan saat itu dalam rangka Latihan terbang,” katanya.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan yang hadir dalam konpers tersebut menambahkan, KPK juga ada melakukan pemeriksaan terhadal ED yang tak lain adalah Eko Darmanto. Pemeriksaan dilakukan untuk melakukan klarifikasi terhadap harta kekayaan yang dimiliki.

“Saudara ED akan diperiksa terhadap LHKPN-nya. Pemeriksaan kita kumpulkan semua data pendukung, KPK terhubung secara elektronik kepada BPN, BPN akan mencari semua sertifkat tanah atas nama yang bersangkutan termasuk anak atau istri. Begitu juga dengan perbankan semua juga terkoneksi bisa kami lihat berapa rekeningnya yang dimilik termasuk anak istrinya,” ujarnya.

Sebelumnya nama Eko Darmanto mencuat di media sosial setelah Rafael Alun Trisambodo, ayah tersangka penganiayaan Mario Dandy Satriyo. Pegawai Bea Cukai yang menjadi bulan-bulanan warganet karena gaya hidup mewah yang dipamerkan di media sosial.

BACA JUGA : Diduga Pejabat Bea Cukai Jogja Pamer Harta, Kementerian

Bea Cukai menjadi perbincangan seiring trending-nya tagar #BeaCukaiHedon di Twitter, Senin (27/2/2023) malam. Tagar itu membelejeti harta kekayaan salah satu pegawai Bea Cukai Kementerian Keuangan yang diduga bekerja di Bea Cukai Jogja. Bea Cukai mendadak menjadi pembicaraan setelah warganet membagikan tangkapan layar Instagram pegawai Bea Cukai.

Pada Senin malam, akun Instagram tersebut sudah tak bisa dibuka dan lenyap. Namun, potongan gambar yang memperlihatkan foto-foto motor besar, mobil mewah, hingga pesawat sudah telanjur berseliweran di medsos.

Salah satu warganet di Twitter kemudian membagikan tangkapan layar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Dalam LHKPN KPK, harta kekayaannya sebesar Rp6,7 miliar.

Naiknya tagar #BeaCukaiHedon menyusul teguran Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada jajaran Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan yang punya klub motor gede alias moge. Sri Mulyani melayangkan instruksi kepada Dirjen Pajak Suryo Utomo untuk membubarkan klub motor gede. Perintah itu dikeluarkan seusai foto Suryo Utomo mengendarai moge bersama klub Belasting Rijder DJP viral di medsos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement