Advertisement

Viral Pria Jogja Pandu Turis Jelajah Beringharjo, Warganet: Inggrisnya Medok tapi Asik

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 17 Maret 2023 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Pria Jogja Pandu Turis Jelajah Beringharjo, Warganet: Inggrisnya Medok tapi Asik Ilustrasi turis asing. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seorang warga Jogja yang memandu turis Australia di Malioboro viral di media sosial. Dengan penuh keramahan, ia mengenalkan seluruh isi Pasar Beringharjo dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya yang apa adanya. Kegiatannya memandu tanpa mau mematok harga itu pun mendapat pujian warganet. 

Video yang viral di TikTok ini diunggah oleh akun Cah Ndeso beberapa hari yang lalu. Hingga berita ini ditulis, video ini sudah mendapat ribuan komentar.

Advertisement

Awal mulanya, seorang turis laki-laki asal Sydney Australia berjalan menyusuri Jalan Malioboro. Tepat di depan gapura Kampung Ketandan, ia bertemu dua orang laki-laki yang tengah duduk santai. Salah satunya merupakan si pemandu yang hanya mengenakan kaus dan celana pendek.

Turis tersebut membawa kamera dan diketahui sebagai seorang Youtuber yang ingin mengabadikan kegiatan di Malioboro. Namun pemandu mengatakan bahwa membuat video di Jalan Malioboro sudahlah biasa. Ia pun menyarankan untuk membuat video Pasar Beringharjo yang lebih menarik.

Baca juga: Sederet Tempat Wisata Gratis Jogja yang Cocok untuk Buka Puasa

Menurutnya Beringharjo merupakan pasar tradisional yang menyediakan berbagai kebutuhan, mulai dari buah-buahan, sayuran, daging sapi, ayam, rempah-rempah, kerajinan hingga pakaian.

Tak butuh waktu lama, pemandu dan bule Australia itu langsung berjalan kaki menuju ke pasar. Mereka menyusuri pasar mulai dari lantai dasar hingga lantai atas, mulai Pasar Beringharjo Timur hingga Beringharjo Barat. 

Dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya, pemandu berambut gondrong itu menjelaskan setiap nama barang dagangan yang dijual pedagang. Ada sanggul, kayu manis, kapulaga, jahe, bunga edelwais untuk dekorasi, jamu, ikan asin, buah nanas, nangka muda, kolang-kaling, hingga spare part sepeda onthel di sisi utara pasar. 

Setelah berkeliling Pasar Beringharjo, pemandu mengantarkan turis ke sebuah pengolahan kopi luwak menaiki sepeda motornya. Sesampainya di sana, turis itu menanyakan berapa ia harus membayar pemandu. Namun pemandu menjawab dengan terserah dan tidak mematok harga. 

Turis itu pun kemudian memberikan uang Rp100.000 kepada pemandu tersebut. "Thank you very much," ucap pemandu sambil menerima uang itu dan menempelkannya di keningnya. 

Di kolom komentar, banyak warganet yang memuji keramahan pemandu itu. Salah satunya juga menyoroti kemampuan berbahasa Inggris yang apa adanya namun tetap dapat dipahami si turis tersebut. 

"English e medhok tapi asik wkwk," tulis GODELDUDEL. 

"Bapaknya ramah, turisnya sopan. Orang baik ketemu orang baik. Walau beda negara adem lihatnya," tulis Gordas Aria. 

"Pinter bahasa Inggris membuatmu dapet rezeki wkwk," tulis VinsSkyy. 

"Saya suka bpk ini bnyk senyum, pinter boso English pinter uleh money," timpal Reynashoppingday. 

"Nah klo gini kan, hk Maksa-maksa, "up to you" alias sak ikhlase," kata Nur M Azhari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : TikTok

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement