Advertisement

Jelang Ramadan, Pemkot Jogja Pastikan Stok dan Harga Bahan Pangan Terkendali

Triyo Handoko
Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Jelang Ramadan, Pemkot Jogja Pastikan Stok dan Harga Bahan Pangan Terkendali Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja terus berupaya memastikan agar stok dan harga bahan pangan terkendali di wilayahnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jogja Aman Yuriadijaya menyebut langkah tersebut salah satunya melakukan operasi pasar. Operasi pasar yang dilakukan Pemkot Jogja melalui Dinas Perdagangan (Disdag) sudah mulai dilakukan dan menyebar luas. “Tidak hanya operasi pasar, pasar murah juga dilakukan Disdag ke tiap kemantren,” kata Aman, Jumat (17/3/2023) siang.

Advertisement

Langkah-langkah tersebut dilakukan agar masyarakat Jogja terlayani bahan pangan selama Ramadan. “Koordinasi dengan Dinas Pertanian juga dilakukan untuk memastikan bahan pangan tersedia,” imbuh dia. 

Aman menyebut inflasi memang jadi hukum pasar saat Ramadan. “Namun, setiap hari akan dipantau dan dilakukan intervensi jika kenaikan harga atau inflasinya tidak wajar, sehingga masyarakat Jogja diminta tetap tenang dan tidak panik dalam pembelian harga pangan,” ujarnya.

BACA JUGA: Jelang Puasa, Harga Bahan Pokok di Sleman Mulai Merangkak Naik

Inflasi saat Ramadan, lanjut Aman, terjadi karena masyarakat banyak membeli bahan pangan untuk bekal puasa. “Meskipun puasa tapi ternyata kan memang ada lonjakan permintaan barang karena mungkin sudah jadi tradisi kalau puasa masakannya banyak di masyarakat ini,” katanya.

Aman juga meminta masyarakat Jogja untuk sewajarnya dalam membeli bahan pangan. “Sewajarnya ini disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, kami pastikan stok dan harga terkendali dengan baik jadi masyarakat juga harus turut membantu dengan beli sejawarnya juga agar ketersedian juga stabil,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement