Advertisement

Sambut Ramadan, Belasan Takmir Masjid Gelar Kirab Budaya

Sunartono
Minggu, 19 Maret 2023 - 13:37 WIB
Sunartono
Sambut Ramadan, Belasan Takmir Masjid Gelar Kirab Budaya Anak-anak dari santri TPA mengikuti kirab Kirab Budaya Songsong Ramadhan, Minggu (19/3/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Belasan pengurus Masjid yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Takmir Masjid Mejing Raya, Ambarketawang, Gamping Sleman menggelar Kirab Budaya Songsong Ramadhan, Minggu (19/3/2023). Kegiatan itu digelar dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadan.

Peserta start dari Lapangan Sidoarum dan finish di Lapangan Wungudadi atau lapangan mini (dekat rel Stasiun Patukan). Jarak tempuh kirab sekitar dua kilometer. Di tengah perjalanan kirab, terdapat panggung kehormatan untuk penampilan kreasi dari masing-masing peserta kirab.

Advertisement

BACA JUGA : Peneliti BRIN Sebut Awal Ramadan Kemungkinan Akan Seragam pada 23 Maret 2023

Ketua Panitia Kirab Budaya Songsong Ramadan Muhammad Agus Ekananto mengatakan kegiatan kirab jelang Ramadan ini telah rutin dihelat sejak 2007 silam. Akan tetapi sempat terhenti selama tiga tahun saat pandemi Covid-19 dan saat ini dapat digelar kembali.

Kegiatan itu diikuti 14 Masjid yang tergabung dalam forum silaturahmi. Setiap Masjid diberikan kesempatan untuk berkreasi dalam menampilkan berbagai hasil kreativitasnya saat kirab.

"Kegiatan ini untuk menyemarakkan jelang Ramadan, dan mendorong Masjid untuk mempersiapkan diri menyambut bulan puasa. Terutama bagaimana mempersiapkan diri dan merencanakan berbagai kegiatan amal ibadah dengan sebaik-baiknya atas dasar keikhlasan dan keimanan," katanya.

BACA JUGA : Jelang Ramadan, Pemkot Jogja Pastikan Stok dan Harga Bahan Pangan Terkendali

Ia menambahkan kirab itu diikuti sekitar 3.000 orang terutama dari kalangan remaja perwakilan dari 14 Masjid yang sekaligus diperlombakan untuk memperebutkan piala bergilir. Kegiatan itu juga melibatkan banyak kegiatan dagang seperti kalangan UMKM terutama kuliner.

Menurutnya kegiatan tersebut sangat dinantikan terutama dari kalangan remaja Masjid hingga santri TPA, karena mereka terlibat langsung dalam kegiatan dan ikut kirab. “Harapan kami tahun depan tidak hanya Mejing Raya, tetapi bisa perwakilan dari Kapanewon Godean juga yang ikut. Ini agenda rutin menjadi awal semarak Ramadan di desa kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

FBI Temukan Perangkat Mencurigakan di Rumah Pelaku Percobaan Pembunuhan Trump, Ada Alat Peledak

News
| Senin, 15 Juli 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement