Advertisement

Pemkab Kulonprogo Terima Penghargaan Digital Government Award 2023

Media Digital
Selasa, 21 Maret 2023 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Pemkab Kulonprogo Terima Penghargaan Digital Government Award 2023 Abdullah Azwar Anas didampingi Luhut Binsar Pandjaitan dan Nanik Murwati menyerahkan penghargaan Digital Government Award 2023 dan diterima Sekda Triyono. - Istimewa

Advertisement

JAKARTA—Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menerima penghargaan Digital Government Award 2023.

Penghargaan diserahkan dalam Forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2023 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB). Forum itu mengusung tema "Sinergi untuk Indonesia Maju", Senin (20/3/2023) di Kempinski Ballroom, Jalan MH Thanmrin, Jakarta Pusat.

Advertisement

Pemberian penghargaan dihadiri Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Padjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementrian PAN dan RB, Nanik Murwati SE MA selaku Ketua Tim SPBE Nasional melaporkan, berdasarkan evaluasi terhadap 620 instansi pemerintah, ditetapkan penghargaan untuk kategori tata kelola (4 instansi), kebijakan (10 instansi), manajemen (2 instansi), layanan (10 instansi), pencapaian (8 instansi) dan peningkatan (7 instansi), sehingga total terdapat 41 instansi yang mendapatkan penghargaan.

Sementara itu, Abdullah Azwar Anas dalam arahan menegaskan, SPBE bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efisien dan efektif, suksesnya SPBE seharusnya diikuti dengan berkurangnya kemiskinan dan tumbuhnya investasi di daerah. 

"SPBE fokus dampak kinerja, bukan administrasi laporan, apalagi cuma menambah aplikasi yang tidak terintegrasi," tegasnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo memperoleh penghargaan Digital Government Award atau Anugerah Pemerintahan Digital tersebut, kategori penyelenggaraan tata kelola SPBE. Penghargaan diterima oleh Pj. Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana, diwakili Sekretaris Daerah Kulon Progo Triyono, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan informatika, Agung Kurniawan.

Terkait penghargaan tersebut, Triyono mengatakan, penggunakan media digital selama wabah pandemi meningkat tajam. Meski secara ekonomi terpuruk, tetapi ada hikmahnya. Menurut Triyono, Pemkab Kulonprogo memberdayakan masyarakat melalui transformasi digital dan ekonomi, misalnya peningkatan aksesibilitas dan ketersediaan teknologi digital, pelatihan keterampilan digital, pengembangan ekonomi lokal, pengembangan infrastruktur digital dan promosi UMKM.

Terpisah, Pj. Bupati Kulonprogo menyambut baik dan bangga atas penghargaan dari pemerintah pusat tersebut. Menurutnya di jajaran Pemkab Kulonprogo digitalisasi sudah menjadi implementasi kebijakan penyelenggaraan pemerintahan melalui SPBE baik untuk digitalisasi layanan pemerintah seperti persuratan, perencanaan dan pengawasan, keuangan, dan kepegawaian. Serta digitalisasi layanan publik antara lain perijinan, kesehatan, pertanian, marketplace dan UMKM, lingkungan hidup dan sebagainya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement