Advertisement

Gelar Ramp Check Bus Jelang Arus Mudik, Dishub Sleman Bakal Satroni Garasi PO

Catur Dwi Janati
Jum'at, 24 Maret 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Gelar Ramp Check Bus Jelang Arus Mudik, Dishub Sleman Bakal Satroni Garasi PO Ilustrasi ramp check di Terminal Jombor. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bus diprediksi menjadi salah satu angkutan mudik Lebaran yang banyak digunakan pemudik, Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman bakal melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan ke sejumlah garasi perusahaan otobus (PO) di Sleman. Sejumlah aspek bakal dicek, selain kesiapan fasilitas bus, kelengkapan dokumen bus juga bakal jadi diperiksa.

Kepala Dishub Sleman, Arip Pramana menerangkan ramp check dilakukan di sejumlah lokasi di Sleman. Polanya, tim akan mendatangi garasi tempat bus terparkir juga ke terminal hingga tempat wisata. "Ramp check itu yang pertama kalau masuknya ke pemilik bus atau PO yang di Sleman kalau enggak salah ada lima itu hampir semuanya dicek," kata dia, Jumat (24/3/2023).

Advertisement

Namun, untuk inspeksi keselamatan angkutan di terminal biasanya dilakukan dengan metode sampling. Metode ini juga digunakan untuk menginspeksi kendaraan di objek wisata. 

Dia menjelaskan tidak banyak terminal di Sleman. Terminal Jombor yang masuk Tipe B masuk kewenangan Provinsi DIY. Akan tetapi di terminal tersebut akan dilakukan ramp check bersama, antara Dishub Sleman dan Dishub DIY dengan BPTD X Jateng  DIY. "Malah rutin [ramp check] kalau di Jombor. Sedangkan kalau untuk yang terminal-terminal kecil kaya yang Tipe C kaya Condongcatur itu hanya untuk lokalan," ujarnya.

BACA JUGA: Dishub DIY Gelar Rampcheck Angkutan Umum

Secara teknis dalam inspeksi keselamatan ada sejumlah indikator yang bakal diperiksa meliputi unsur administrasi, penunjang dan teknis. Pada administrasi, beragam dokumen kendaraan angkutan akan diperiksa kelengkapannya, seperti STNK dan surat lainnya.

Lalu pada unsur teknis, kelayakan rem dan ban angkutan akan turut diperiksa. Sementara pada unsur penunjang, spedomter hingga wiper juga menjadi aspek yang dicek. "Kalau ramp check itu kan dari aspek teknis kendaraannya, umpamanya lampu, rem, kelengkapakan pemukul kaca. Kemudian dari sisi administrasi kelengkapan surat KIR dan sebagainya itu yang nanti kita lakukan pengecekan," tegasnya.

Angkutan harus memenuhi beragam indikator tadi. "Ya harus memenuhi, ini kan standar kendaraan harus seperti itu," lanjutnya.

Meski belum menyebut jadwal ramp check secara pastinya, namun Arip memperkirakan inspeksi keselamatan bakal digelar dalam waktu dekat. "Perkiraan saya pekan pertama, mungkin pekan besok itu sudah mulai kita lakukan ramp check dan sebagainya," ungkapnya.

"Ini belum kami jadwalkan. Kami menunggu koordinasi dulu dari Kementerian Perhubungan, biasanya kan sebelum kita bekerja ada koordinasi dulu antara Kementerian Perhubungan dengan Kepolisian. Ini kita masih nunggu," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Ingin Pesawat Angkutan Haji Tidak Lagi Delay

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement