Advertisement

Ular Kobra Jawa Sembunyi di Samping Lemari Pakaian Warga Bantul

Ujang Hasanudin
Minggu, 26 Maret 2023 - 11:47 WIB
Bhekti Suryani
Ular Kobra Jawa Sembunyi di Samping Lemari Pakaian Warga Bantul Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Seekor ular kobra Jawa ditemukan di samping lemari pakaian di dalam rumah warga di Dusun Mancingan, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Bantul, Sabtu (25/3/2023) siang. Ular dengan panjang hampir satu meter tersebut pun dievakuasi ole petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Bantul.

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto mengatakan evakuasi ular kobra Jawa tersebut bermula dari laporan warga Dusun Mancingan, Kalurahan Parangtritis. Saat itu pemilik rumah bernama Rini Suriparingsih sedang bersih-bersih rumah.

Advertisement

Namun saat akan membersihkan lemari pakaian ia dikagetkan dengan adanya ular kobra warna hitam. “Jadi saat sedang membersikan rumah, pelapor menemukan ular kobra di samping lemari pakaian,” kata Irawan, Sabtu (25/3/2023).

Karena pelapor tidak berani mengusir ular sendirian sehingga melapor ke petugas Damkarmat BPBD Bantul. Setelah menerima laporan, pihaknya menerjunkan lima petugas untuk melakukan evakuasi ular kobra tersebut.

Dalam proses evakuasi ular kobra, petugas Damkarmat dibekali dengan stik ular, headlamp, karung, dan sarung tangan. Petugas berhasil menangkap ular tersebut. “Proses evakuasi tidak membutuhkan waktu lama karena petugas kami sudah terbiasa melakukan evakuasi ular. Jenis ular yang dievakuasi adalah ular kobra Jawa,” ujarnya.

BACA JUGA: Hendak Perang Sarung Pakai Batu, Puluhan Remaja Ditangkap Polisi

Ular kobra Jawa tersebut kemudian dibawa ke kantor Damkarmat Sektor Pundong untuk dilepas liarkan kembali di lokasi yang jauh dari permukiman penduduk untuk menjaga ekosistem. Irawan menjelaskan, banyaknya ular yang muncul di permukiman warga karena musim hujan merupakan saat yang cocok bagi beberapa jenis ular menetaskan telurnya.

Banyak ular keluar sarang untuk mencari lokasi yang lebih kering namun lembab. Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang ular. “Selama bulan Maret 2023 ini kami sudah mengevakuasi berbagai jenis ular sebanyak 13 kali,” ucapnya.

Untuk masyarakat yang menemukan ular atau satwa liar lainnya yang berbahaya bisa mengubungi petugas Damkarmat BPBD Bantul di nomor 0274-6462100 atau melalui call center 112. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement