Advertisement

7 Bakal Calon DPD DIY Lolos Pendaftaran, Ada GKR Hemas hingga Gus Hilmy

Triyo Handoko
Jum'at, 31 Maret 2023 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
7 Bakal Calon DPD DIY Lolos Pendaftaran, Ada GKR Hemas hingga Gus Hilmy Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASebanyak tujuh bakal calon anggota DPD untuk dapil DIY dinyatakan lolos pendaftaran. Sedangkan dua bakal calon lainnya masih melakukan perbaikan verifikasi faktual.

Tujuh bakal calon tersebut adalah Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Hilmy Muhammad atau Gus Hilmy, A. Khudhor, Trisno Sunardi, R.A Yashinta Sekarwangi Mega, Ahmad Syauqi Soeratno, dan H. Tugiman. Semuanya berhasil membuktikan dukungan mereka lebih dari 2.000 orang di minimal tiga kabupaten/kota.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Sedangkan dua bakal calon yang masih berjuang untuk memperbaiki dukungannya adalah Sindu Kurniawan dan Cinde Laras Yulianto. Ketua Divisi Penyelenggaraan KPU DIY Moh. Zaenuri Ikhsan menjelaskan dua bakal calon masih memugkinkan untuk memenuhi syarat yang ada.

“Bakal calon untuk Sindu Kurniawan pada verifikasi faktual sebelumnya sudah mengantongi sekitar 1.700 dukungan sah, sedangkan bakal calon Cinde Laras sudah mengumpulkan sekitar 1.300 dukungan sah, kekurangan yang ada masih memungkinkan untuk dikejar,” jelasnya, Jumat (31/3/2023).

Batas perbaikan dukungan bakal calon, jelas Zaenuri, maksimal 8 April mendatang. “Setelah batas itu hasilnya akan kami stor ke KPU RI, nanti akan ditetapkan KPU RI bakal calon yang memenuhi syarat sebagai calon pada 17 April maksimal,” terangnya.

BACA JUGA: Piala Dunia Batal Digelar di Indonesia, Jogja Ikut Terdampak

Penetapan KPU RI untuk bakal calon yang memenuhi syarat sebagai calon anggota DPD akan dilakukan serentak nasional. “Penetapannya menggunakan Surat Ketetapan (SK) KPU RI, SK tersebut jadi syarat mutlak untuk mendaftar sebagai calon DPD,” katanya.

Pendaftaran calon DPD sendiri akan dimulai sejak 1 Mei mendatang. “Sejauh ini kerja KPU DIY sudah sesuai timeline yang ada artinya semuanya sesuai target, nanti ditunggu saja hasil akhir bakal calon DPD ini,” ujar Zaenuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awas, Menyebar Hoaks di Medsos Terkait Pilpres 2024 Bisa Terjerat Hukum Pidana

News
| Rabu, 31 Mei 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Long Weekend, Asita Perkirakan Wisatawan Lebih Ramai dari Lebaran

Wisata
| Rabu, 31 Mei 2023, 18:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement