Advertisement

Tahun Depan, Pembangunan Fisik Taman Budaya Bantul Dimulai

Yosef Leon
Minggu, 02 April 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Tahun Depan, Pembangunan Fisik Taman Budaya Bantul Dimulai Bendung Kamijoro. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Bantul menargetkan pembangunan fisik Taman Budaya Bantul bisa dimulai pada 2024 mendatang. Pemerintah saat ini fokus pada pengurusan administrasi untuk mendirikan wadah berekreasi bagi para pelaku seni dan budaya di wilayah setempat itu.

Kepala Disbud Bantul, Nugroho Eko Setyanto mengatakan Taman Budaya Bantul berdiri di lahan seluas 4,9 hektare di Kamijoro, Kapanewon Pajangan. Pembangunannya menelan anggaran sebanyak Rp153 miliar. "Prosesnya memang panjang, penyelesaian tanah pada 2022 selesai 19 bidang, sekarang tinggal proses balik nama di BPN menjadi milik Pemkab Bantul," katanya, Minggu (2/4/2023).

Advertisement

Menurut Nugroho, pada tahun lalu pihaknya juga telah menyelesaikan tahap DED dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Pihaknya tengah menunggu tim ahli dari Pemda DIY untuk melakukan uji AMDAL tersebut. "Target pengerjaan fisik di 2024, sekarang proses administrasi selesaikan dulu," ujarnya.

BACA JUGA: 2023, Taman Budaya Senilai Rp152 Miliar Mulai Dibangun di Bantul

Nugroho menyebut, Taman Budaya Bantul nantinya akan dikelola oleh sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Dinas Kebudayaan. Segala aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan di sana akan dikoordinasikan oleh UPT tersebut. "Nanti bisa sebagai pusat aktivitas penampilan seni budaya, juga sebagai tempat wisata. Wisata itu tambahan saja," ungkapnya.

Pengelola nantinya juga akan mengkurasi event seni dan budaya yang akan ditampilkan di Taman Budaya Bantul. Event dengan skala kabupaten diharapkan bisa ditampilkan di sana. Sementara event dengan skala yang lebih kecil bisa memanfaatkan ruang publik lain yang ada di wilayah setempat. "Bisa memanfaatkan balai desa atau yang lain. Karena kan tidak mungkin juga bisa menampung semua event."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement