Advertisement

Viral! Buaya 1,5 Meter Muncul di Kali Oya Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 02 April 2023 - 08:47 WIB
Bhekti Suryani
Viral! Buaya 1,5 Meter Muncul di Kali Oya Gunungkidul Foto tangkapan layar, seorang warga di Kalurahan Banaran, Playen, Gunungkidul berusaha menangkap buaya di aliran Kali Oya pada Sabtu (1/4/2023) - IG

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebuah video berdurasi sepuluh detik tentang seorang warga berusaha menangkap seekor buaya di Kali Oya di kawasan Hutan Wanagama di Kalurahan Banaran, Playen viral di media sosial maupun pesan berjejaraing di Gunungkidul sejak Sabtu (2/4/2023). Jajaran Polsek Playen membenarkan adanya peristiwa tersebut.

Di dalam video tersebut seorang warga berusaha menangkap buaya dengan menggunakan kaos. Rencananya, kaos yang dibaawa akan digunakan menutupi di bagian mata sehingga hewan tersebut lebih mudah ditangkap.

Advertisement

Namun demikian, usaha tersebut sia-sia karena buaya yang berjemur di pelataran batu keburu menceburkan ke sungai. Kapolsek Playen, AKP Sigit Teja Sukmana mengatakan, video upaya penangkapan buaya oleh warga.

Adapun lokasinya berada di sisi timur Jembatan Merah di kawasan Hutan Wanagama di Kalurahan Banaran, Playen. “Upaya penangkapan buaya dilakukan pada Sabtu sore, tapi tidak berhasil,” kata Sigit kepada wartawan, Minggu (2/4/2023).

BACA JUGA: Cuaca Kurang Bersahabat, Jogja Hari Ini Diprediksi Hujan

Dia menjelaskan, warga yang berusaha menangkap buaya diketahui bernama Triyono yang ditemani oleh Ferdy. Peristiwa ini bermula dari kabar tentang penampakan buaya di timur Jembatan Merah pada Jumat (31/3/2023).

Keduanya berusahan membuktikannya dengan mendatangi lokasi dan melihat buaya yang berada di pelataran bebatuan. Triyono pun berusaha menangkapnya, tapi tidak berhasil.

“Setelah itu, keduanya langsung melaporkan ke Polsek. Dari keterangan yang diberikan, panjang buaya sekitar 1,5 meter,” kata Sigit.

Ia mengimbau kepada masyarakat berhati-hati pada saat beraktivitas di aliran Kali Oya. Untuk penangkapan, sudah dilakukan koordinasi dengan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY guna menemukan dan menangkap buaya tersebut.

“Mudah-mudahan bisa segera tertangkap sehingga warga dapat beraktivitas dengan tenang,” katanya. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement