Advertisement

Selama Ramadan Penumpang di YIA Sepi

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 02 April 2023 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Selama Ramadan Penumpang di YIA Sepi Suasana terminal kedatangan di YIA, Minggu (2/4/2023). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Lalu lintas penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) mengalami penurunan sejak awal Ramadan, dua pekan lalu.

Senior Manager Operasional, Pelayanan, dan Keamanan Bandara YIA, Misranedi mengatakan, memasuki hari pertama Ramadan, pergerakan penumpang menurun dibanding beberapa bulan sebelumnya.

Advertisement

“Memasuki hari pertama Ramadan hingga 1 April, tren pergerakan penumpang di YIA mengalami penurunan. untuk rata-rata jumlah penumpang per hari adalah 6.063 kedatangan dan keberangkatan, sedangkan untuk pesawat udara ada 58 flight atau penerbangan yang datang dan berangkat. Artinya penurunan penerbangan 25 persen, sementara penumpang turun 44 persen mengacu pada Maret," kata Misranedi, Minggu (2/4/2023).

Misranedi menambahkan mengacu pada data sebelum Ramadan atau dari 1 Maret hingga 22 Maret, rata-rata pergerakan penumpang harian mencapai 10.831 dengan 78 penerbangan datang dan berangkat.

Situasinya diklaim sama dengan Ramadan tahun lalu. Ia mengatakan, di awal bulan puasa, pergerakan penumpang cenderung menurun. Lonjakan baru akan terjadi pada hari terakhir kerja. “Kami memprediksi lonjakan baru akan terjadi pada 18 April. Kalau sekarang kan masih jauh [pergerakan penumpang],” ujarnya.

BACA JUGA: Begini Gambaran Konsep Kawasan Aerotropolis di YIA Kulonprogo

Dia menjelaskan, pergerakan penumpang untuk angkutan udara lebaran tahun 2022 dari 25 April hingga 10 Mei 2022 atau selama 16 hari mencapai 152.943 penumpang. Prediksi penumpang jika dibandingkan periode lebaran tahun 2022 naik sekitar 16% dengan total 177.392 penumpang. Sedangkan untuk pergerakan pesawat angkutan lebaran 2022 adalah 1.048 flight.

Prediksi pesawat jika dibandingkan periode Lebaran tahun 2022 naik sekitar 22 % dengan total 1.280 flight.

Misranedi mengatakan posko terpadu angkutan Lebaran di YIA akan didirikan pada 15 April atau tiga hari sebelum lonjakan hingga 1 Mei 2023. “Posko tersebut untuk memantau kelancaran pergerakan penumpang yang melewati bandara. Jika ada kendala operasional di pos ini bersama-sama dengan pemangku kepentingan seperti maskapai dan darat untuk diselesaikan bersama. Jabatan tersebut nantinya akan diisi oleh internal Angkasa Pura I dan jabatan terkait. Kami juga akan menyiapkan posko-posko tertentu di beberapa titik," ujarnya.

Pantauan Harianjogja.com pada Minggu, arus kedatangan di YIA cenderung lambat. Tidak ada arus penumpang yang padat sama sekali. Di bagian keberangkatan, situasinya tidak jauh berbeda.

Terminal Wates

Sementara itu, terminal Wates yang merupakan satu-satunya terminal provinsi di Kabupaten Kulonprogo sepi penumpang. Tidak ada pergerakan bus sama sekali.

Manajer terminal perbatasan, Pradana Lucky membenarkan hal tersebut. “Rata-rata ada 10 bus yang keluar per hari, sedangkan di minggu kedua Ramadan, Minggu 2 April ada 18 bus yang keluar. Itu yang paling. Jarang ada penumpang. Apalagi hari ini, hanya ada sekitar 20 penumpang. Sangat sedikit," kata Lucky saat ditemui di terminal perbatasan, Minggu (2/4/2023).

Lucky menambahkan, lonjakan penumpang baru akan terjadi sekitar 19 April 2023 atau hari kerja terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement