Advertisement

Sepekan Ramadan Harga Bahan Pokok di Sleman Mulai Turun

Catur Dwi Janati
Kamis, 30 Maret 2023 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Sepekan Ramadan Harga Bahan Pokok di Sleman Mulai Turun Pedagang sembako di Pasar Kolombo, Depok, Tati Widiarti, mempersiapkan telur dagangannya, Minggu (6/5 - 2018). Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANSejumlah harga bahan pokok mulai melandai pasca sepekan ramadan. Permintaan yang menurun dan pasokan yang meningkat disinyalir jadi penyebab menurunnya harga-harga bahan pokok saat ini.

Kapala Bidang Usaha Perdagangan Disperindag Sleman, Kurnia Astuti menerangakan sejumlah komoditas terpantau turun harga pasca sepekan ramadan. Telur dan cabai di antara bahan pokok yang kini mulai turun harga di pasaran. "Cabai ini anjloknya terjun bebas," terangnya dikutip pada Kamis (30/3/2023).

Advertisement

Dugaan Nia, merosotnya sejumlah harga bahan pokok disebabkan dua faktor. Kedua faktor itu yakni menurunnya permintaan dan bertambahnya suplai komoditas.

"Mungkin demand juga ada kecendrungan stabil. Karena kebetulan kemarin pemerintah menyampaikan larangan bukber bagi ASN dan sebagainya, tentunya itu kan juga akan mempengaruhi demand, analisa kami," tuturnya.

Selain perihal permintaan yang melandai, penurunan harga bapok diduga erat kaitannya dengan melonjaknya sejumlah pasokan di beberapa komoditas pangan. Nia mengambil contoh pada komoditas cabai, penurunan harga ditenggarai karena mulai melimpahnya panenan cabai dari berbagai sentra pertanian.

"Kami dapat informasi ada penambahan produksi, yang dulu petani sudah menyiapkan panen cabai saat mendekati puasa dan Lebaran dan ini kan semua berlaku di seluruh daerah penghasil cabai. Otomatis kan produksi cabai meningkat, suplainya lebih banyak sehingga harga cabai agak agak sedikit terkendali bahkan cenderung mengalami penurunan," tegasnya.  

Merujuk dari situasi di lapangan, Nia meyakini terkait harga maupun stok bahan pangan dapat terkendali sampai dengan lebaran nanti. "Terkait dengan harga dan kesediaan insyallah terkendali sampai dengan nanti Lebaran. Kalau enggak ada kejadian yang luar biasa ya," ujarnya.

BACA JUGA: THR Bermasalah, Pekerja di Jogja Bisa Berkonsultasi ke Posko Ini

Mendekati ramadan lalu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyebut kebutuhan bahan pokok ramadan sampai nanti lebaran semua aman. Danang mengimbau masyarakat untuk jangan berlebihan berbelanja lantaran pasokan bahan pokok yang masih aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement