Advertisement

Belum Sempat Dijual, Gabah Hasil Curian Sudah Ketahuan Warga

Yosef Leon
Senin, 03 April 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Belum Sempat Dijual, Gabah Hasil Curian Sudah Ketahuan Warga Petugas Polsek Bambanglipuro, Bantul saat mengamankan gabah yang diduga hasil curian belum lama ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Jajaran Polsek Bambanglipuro menyita sejumlah tumpukan gabah yang disimpan di pos istirahat petani yang berada di Bulak Sawah Tangkilan Sumbermulyo. Gabah yang diduga hasil curian itu ditutupi dengan jerami.

Kepala SPKT Polsek Bambanglipuro Ipda Samija menjelaskan, gabah tersebut ditemukan pertama kali oleh warga yang curiga lantaran tidak ada satu pun dari mereka yang merasa memiliki gabah tersebut. Warga tersebut lantas menghubungi Bhabinkamtibmas Sumbermulyo.

Advertisement

"Setelah dicek gabah tersebut dibungkus dengan terpal berwarna hitam dan ditutupi dengan jerami," katanya, Senin (3/4/2023).

Ipda Samija mengatakan petugas sempat menanyakan kepada warga sekitar berkaitan dengan temuan gabah itu. Lantaran tidak ada yang merasa memilikinya, gabah pun diamankan ke kantor Polsek Bambanglipuro.

BACA JUGA: Terhimpit Biaya Sekolah dan Pengobatan, Pelaku Pencurian di Jogja Dibebaskan dari Tuntutan

Tak berselang lama, ternyata ada seorang warga Nogosari, Krekah RT 08 Pandak Bantul bernama Sariyem yang mendapatkan informasi tentang penemuan gabah mendatangi Polsek Bambanglipuro. Benar adanya, setelah mengecek gabah dan terpal pembungkus gabah Sariyem merasa yakin gabah tersebut adalah miliknya.

"Sariyem mengaku sudah dua hari berturut-turut kehilangan gabah yang dijemur tak jauh dari tempat tinggalnya," kata dia.

Selanjutnya Gabah tersebut dikembalikan kepada pemiliknya, Polsek Bambanglipuro melalui Ka SPKT Ipda Samija mengimbau kepada petani untuk berhati-hati dan selalu waspada terhadap hasil pertanian milik masing-masing.

"Silakan bagi petani selesai menjemur gabah dibawa pulang saja jangan disimpan di luar rumah apalagi di pinggir jalan," kata Ipda Samija. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement