Advertisement

Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 09 April 2023 - 19:57 WIB
Sunartono
Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Perjalanan Mudik Lebih Nyaman Foto ilustrasi arus lalu lintas di jalan Solo-Klaten. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Praktisi Keselamatan Jalan Raya dan juga Founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengimbau masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik lebaran 2023, diharapkan untuk membawa barang yang memang diperlukan saja.

"Satu yang harus dipastikan kalau kita mau mudik, barang-barang yang dibawa hanya barang-barang yang memang diperlukan selama perjalanan saja," kata Jusri melansir dari Antara.

Advertisement

BACA JUGA : Daftar Tol Fungsional Mudik Lebaran 2023 Gratis per 15 April: Ada Tol Jogja Solo

Jika ingin memberikan barang oleh-oleh untuk keluarga maupun saudara di daerah, Jusri menyarankan untuk mengirim barang tersebut melalui jasa kargo. Sebab nantinya akan nyaman bagi penumpang di dalamnya.

Menambah kompartemen di bagian atap atau roof box kendaraan tak begitu disarankan sebab akan memengaruhi keseimbangan kendaraan yang akan digunakan ke kampung halaman nanti.

"Barang-barang yang tidak kita gunakan dalam perjalanan tersebut, tetapi digunakan di tempat [kampung halaman], sebaiknya dikirim saja," katanya.

Tak sekedar bicara Jusri Pulubuhu sendiri telah melakukan kebiasan mengirim barang dengan cara dipaketkan pada saat sebelum perjalanan mudik sejak beberapa tahun belakangan ini.

Tentunya dengan tujuan kenyamanan pada saat melakukan perjalanan mudik yang cukup jauh sekaligus membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

BACA JUGA : Waspada! Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi saat Mudik Lebaran, 190 Stasiun

"Saya juga sering melakukan perjalan ke luar kota, semua barang yang memang tidak dibutuhkan selama perjalanan itu saya kirim dulu semuanya," jelasnya.

Faktor lain yang mesti diperhatikan ialah mengecek kendaraan yang akan dibawa sebelum melakukan perjalanan mudik.  Mulai dari kondisi ban, pendingin udara, hingga pelumas penting untuk diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement