Advertisement

Jelang Lebaran, Gerai Fesyen Mulai Diserbu Pengunjung

Catur Dwi Janati
Selasa, 11 April 2023 - 07:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jelang Lebaran, Gerai Fesyen Mulai Diserbu Pengunjung Suasana Ambarukmo Plaza pada Senin (10/4/2023) - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Suasana pusat-pusat perbelanjaan mulai ramai mendekati Lebaran. Gerai fesyen menjadi salah satu pusat keramaian yang ramai dikunjungi para konsumen.  

Regional Manager Jawa Tengah 2 Matahari Dept Store, Paulus Mujono menerangkan terjadi kenaikan transaksi pembelian fesyen mendekati Lebaran. Kenaikan rata-rata transaksi ini terjadi di seluruh gerai di DIY. 

Advertisement

Kenaikan transaksi yang terjadi bahkan jauh lebih tinggi bila dibanding dengan hari biasa di luar musim lebaran. Tak tanggung-tanggung, kenaikan transaksi di gerai fesyen ini tembus melebihi angka 100 persen. 

"Kalau untuk transaksinya kita di Jogja itu bisa average sampai 105 persen. Itu dikomparasi dengan hari biasa. Bulan biasa non season lebaran," jelasnya pada Senin (10/4/2023).

Jika dibandingkan dengan capaian transisi lebaran tahun sebelumnya, transaksi belanja fesyen di Matahari di wilayah DIY pada 2023 ini juga masih lebih tinggi. "Kalau dikomparasikan dengan lebaran tahun lalu, kenaikan untuk  transaksinya masih di kisaran 5-6 persen," jelasnya. 

Baca juga: Berapa Kenaikan Konsumsi BBM di Jateng dan DIY? Ini Prediksi Pertamina

Capaian ini diproyeksi Paulus masih belum mencapai puncaknya. Satu sampai tiga hari pasca batas maksimal pengucuran THR pekerja diprediksi akan menjadi puncak transaksi belanja fesyen di Matahari di wilayah DIY. 

"Puncaknya nanti itu kita prediksi antara tanggal 14 sampai dengan 20 April itu puncak-puncaknya. Tapi puncak paling tinggi itu 14-16 April itu puncak paling tinggi," ujarnya.

Untuk menggenjot transaksi, toko juga mengadakan diskon sampai mendekati tengah malam atau late night sale untuk menampung potensi membeludaknya animo konsumen pada malam hari atau lepas jam kerja. "Late Night Sale kita sudah mulai, jadi kemarin kita kaya tanggal 8, 9 kita ada Late Night Sale, tanggal 1, tanggal 2. Terus di masing masing mal juga ada Late Night Sale, kaya di Pakuwon Jogja di Amplaz itu," terangnya. 

Ditinjau dari waktunya, akhir pekan masih jadi sasaran utama para konsumen untuk berbelanja di gerai Matahari. Transaksi dan kunjungan pengunjung pada Jumat, Sabtu dan Minggu cenderung lebih ramai dibanding dengan hari kerja lainnya. 

Sementara dari ragam jenis fesyennya, koleksi pakaian muslim masih menjadi primadona utama di awal hingga pertengahan ramadan ini. Kecenderungan pembelian jenis fesyen ini dijelaskan Paulus baru akan bergeser mendekati lebaran nanti. Pakaian jenis kasual akan lebih banyak terjual mendekati lebaran. 

"Untuk market milenial, market muda memang masih cari tren fesyen yang kita sediakan juga. Tapi persentasenya masih dibawah dari pada muslim collection. Mungkin karena ini belum puncaknya. Nanti akan kelihatan muslim collection turun itu di kala minggu terkahir puasa. Baru yang naik yang lain, biasanya yang naik tinggi itu di kasual memang, denim, T-shirt, polo itu naiknya cukup signifikan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement