Advertisement

Arus Mudik Sudah Dimulai, Stasiun-Stasiun di Jogja Mulai Ramai

Anisatul Umah
Rabu, 12 April 2023 - 16:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Arus Mudik Sudah Dimulai, Stasiun-Stasiun di Jogja Mulai Ramai Suasana di Stasiun Tugu hari pertama arus mudik dimulai, Rabu (12/4/2023). Anisatul Umah - Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Stasiun Tugu mulai dipadati penumpang, Rabu (12/4/2023). Lalu lalang penumpang mulai nampak di pintu Selatan stasiun.

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo mengatakan sampai hari ini pukul 07.00 WIB tercatat jumlah penumpang yang akan turun di stasiun wilayah Daop 6 sebanyak 4.761 orang. Menurutnya arus mudik lebaran 2023 sudah dimulai hari ini. Di mana pejalanan kerata api (KA) reguler dan tambahan sudah dioperasikan.

Advertisement

"Pemumpag turun tanggal 12 April di stasiun-stasiun wilayah Daop 6 data sementara 4.761 orang," ucapnya kepada Harianjogja.com, Rabu (12/4/2023).

Dia menjelaskan berdasarkan data sementara jumlah penumpang dari Jakarta menuju stasiun di wilayah Daop 6 selama 12-21 April 2023 sebanyak 109.100 orang. "Mereka akan turun di stasiun-stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta," jelasnya.

Sementara itu, untuk KA tujuan Jakarta dan Bandung masih banyak tersedia. Khususnya di tanggal 12 - 21 April 2023. "Okupansinya juga baru 51 persen."

Rendahnya okupansi perjalan dari Daop 6 menurutnya karena DIY didominasi oleh pemudik dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sehingga tiket-tiket KA yang lebih banyak terjual saat ini adalah keberangkatan pasca lebaran.

"Daop 6 mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan waktu dan merencanakan perjalanan dengan baik karena penjualan tiket terus bergerak. Apalagi tahun ini diprediksi pemerintah jumlah pemudik akan meningkat dari tahun sebelumnya," terangnya.

Salah satu pemudik, Adi mengaku memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan pada puncak arus mudik. Moda transportasi kereta dia pilih karena aksesnya lebih mudah, letak stasiun yang tidak terlalu jauh. "Naik kereta juga lebih tepat waktu," ungkapnya singkat. (Anisatul Umah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement