Advertisement

Pemda DIY Siap Menerima 5,9 Juta Pemudik

Media Digital
Kamis, 13 April 2023 - 19:57 WIB
Maya Herawati
Pemda DIY Siap Menerima 5,9 Juta Pemudik Kepala Diskominfo DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho (dua dari kiri), Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti (dua dari kanan), dan Wakil Ketua Komis B DPRD DIY, Sinarbiyat Nujanat (kanan) saat menjadi narasumber dalam podcast terkait dengan kesiapan menyambut pemudik 2023, Kamis (13/4). - Harian jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja,com, JOGJA—Pemda DIY bersiap menyambut 5,9 juta orang pemudik yang diprediksi bakal masuk ke Jogja pada Lebaran 2023. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DIY sudah berkoordinasi bersama menyiapkan langkah penanganan pemudik yang juga didukung DPRD DIY.

Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan animo mudik Lebaran 2023 meningkat dari tiga tahun sebelumnya. “Akses menuju DIY sudah cukup bagus, ada jalan tol juga sekarang, semuanya sudah disiapkan dengan matang,” katanya dalam acara Podcast  Diskominfo DIY bersama Harian Jogja di Henggoi Coffee, Mergangsan, Kamis (13/4/2023).

Advertisement

Tingginya jumlah pemudik ke Jogja, menurut Made, akan meningkatkan arus kepadatan lalu lintas di DIY. “Rekayasa lalu lintas akan kami lakukan, termasuk membangun posko lalu lintas hingga patroli,” katanya.

Kepadatan lalu lintas, menurut Made, memang menjadi keniscayaan. “Tapi kami jamin untuk berusaha agar kepadatannya tidak terlalu lama menimbulkan macet, ini sudah kami persiapkan dengan Diskominfo untuk menyebarkan informasi jalur-jalur mana saja yang macet agar dapat dihindari dan persebaran kendaraan di jalan lebih merata,” ujarnya.

Kepala Diskominfo DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho menyebut jajarannya memanfaatkan segala jenis kanal informasi untuk memberikan edukasi ke masyarakat terkait arus mudik dan wisatawan selama Lebaran 2023. “Dari media sosial, website, televisi, sampai CCTV sudah kami siapkan dengan baik dan bisa dipantau masyarakat,” katanya.

Hari menjamin layanan informasi pada mudik Lebaran 2023 mudah diakses. “Kemudahan akses informasi ini diharapkan dimanfaatkan masyarakat agar semuanya nyaman dan aman dalam Lebaran 2023 ini,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY, Sinarbiyat Nujanat mendukung upaya-upaya Pemda DIY untuk menangani mudik Lebaran 2023. “Kami dukung terus upaya Pemda DIY dari Diskominfo dan Dishub ini,” katanya.

Sinarbiyat yakin Pemda DIY sudah melakukan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik. “Kami juga akan bantu sebagai bentuk dukungan kami terutama mengedukasi masyarakat terkait keamanan dan kenyamanan mudik ini,” katanya. (BC)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement