Advertisement

Berlibur ke Jogja, Hindari 18 Jalan Rawan Macet Ini

Triyo Handoko
Minggu, 16 April 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Berlibur ke Jogja, Hindari 18 Jalan Rawan Macet Ini Ilustrasi kemacetan lalu lintas. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja memprediksi ada 18 titik jalan yang berpotensi macet saat libur Lebaran 2023. Potensi macet tersebut karena arus wisatawan yang mengunjungi beberapa titik objek wisata di Kota Gudeg ini.

Ke-18 jalan tersebut meliputi Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Taman Siswa, Jl. Piere Tendean, Jl. Kusumanegara, Jl. Sultan Agung, Jl. Pangeran Senopati, Jl. KH. A Dahlan, Jl. Suryotomo, Jl. Abu Bakar Ali, Jl. Mataram, Jl. Pasar Kembang, Jl. Jlagran Lor, Jl. Suprapto, Jl. AM Sangaji, Jl. Margo Utomo, Jl. Malioboro, Jl. Margo Mulyo, dan Jl. Bhayangkara.

Advertisement

Kepala Dishub Jogja, Agus Arif Nugroho menjelaskan potensi jumlah kendaraan yang melintasi Kota Jogja selama libur lebaran mencapai 173.462 kendaraan per harinya.

“Meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 172 ribuan kendaraan pada 2022, karena pandemi memang sudah dinyatakan berakhir dan animo masyarakat bepergian tinggi Lebaran ini,” katanya, Minggu (16/4/2023).

BACA JUGA: Jalur Utama Macet? Ini Jalur Alternatif Mudik yang Disarankan Dishub DIY

Agus menjelaskan rekayasa lalu lintas sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi macet yang berkepanjangan. “Antisipasi dengan rekayasa terutama akan dilakukan di Malioboro karena kawasan ini jadi pusatnya,” jelasnya.

Operasi pengaturan lalu lintas, jelas Agus, akan dimasifkan mulai 19 April-30 April ini. “Manajemen rekayasa lalu lintas di Kawasan Malioboro akan situasional melihat data realtime yang ada, rencana kami ada lima kemungkinan buka tutup jalan yang dilakukan,” ujarnya.

Buka tutup jalan untuk mengatur lalu lintas di Kawasan Malioboro, lanjut Agus, meliputi Simpang Gedongkuning, Simpang Rejowinangun, Simpang Galeria, Simpang Jetis, Simpang Pingit, Simpang Jati Kencana, Simpang Wirobrajan, Simpang Pojok Beteng Wetan.

“Buka tutup ini menyesuaikan kondisi nantinya, jadi kami harap masyarakat mematuhi petugas di lapangan untuk keamanan dan kenyamanan bersama,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement