Advertisement

Kondisi Terkini Perbatasan Solo-Jogja, Masih Lengang

Lugas Subarkah
Minggu, 16 April 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Kondisi Terkini Perbatasan Solo-Jogja, Masih Lengang Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Solo, tepatnya di perbatasan Prambanan, Minggu (16/4/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sepekan menjelang Lebaran, arus lalu lintas di perbatasan timur Jogja, jalan Solo Kapanewon Pramabanan, masih terpantau lancar. Belum ada peningkatan volume kendaraan maupun aktivitas pemudik.

Pantauan Harianjogja.com, Minggu (16/4/2023), arus lalu lintas di Jalan Solo, tepatnya di sepanjang Prambanan hingga Ring Road Timur masih sangat lancar. Kepadatan kendaraan hanya terlihat di titik-titik lampu APILL, sementara di ruas-ruas jalan masih cukup lengang.

Advertisement

Kendaraan yang lewat terdiri dari berbagai jenis, mulai dari motor, mobil, bus hingga truk. Belum terlihat kendaraan tipikal pemudik dengan barang-barang bawaan.

Sementara dilihat dari daerah asal, kode plat nomor kendaraan masih didominasi warga Jogja-Solo, yakni AB dan AD, walau ada juga sebagian kecil yang berkode luar daerah seperti L, K dan B.

BACA JUGA: Puncak Arus Mudik dari Penumpang KA dari Jakarta diperkirakan 21 April

Pos Pengamanan (Pospam) yang terdiri dari tim gabungan nampak sudah berdiri namun belum beroperasi. Rekayasa lalu lintas dan pengalihan jalur pun belum ada yang diterapkan. “Masih lancar, belum ada peningkatan lalin,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana saat dihubungi.

Adapun Pospam yang didirikan di sejumlah titik termasuk di Prambanan baru akan beroperasi pada Senin (17/4/2023). Diprediksi peningkatan arus lalu lintas baru akan terjadi pada H-3 Lebaran. “Prediksi kami akan ada peningakatan mulai Rabu [19/4/2023],” kata dia.

Dibukanya tol Jogja-Solo sepanjang 6 km sepanjang Kartasura-Boyolali pada Sabtu (15/4/2023) lalu tampaknya juga belum berpengaruh signifikan pada peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah Jogja dari jalan Solo.

Dia belum bisa memperkirakan apakah pembukaan tol itu akan membuat lonjakan volume kendaraan atau tidak. Namun ia memastikan pembukaan itu akan mempercepat waktu tempuh.

“Memangkas waktu tempuh dari Kartasura ke Prambanan, sekitar 15 menit lebih cepat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement