Advertisement

Kawasan Pantai Bantul Diprediksi Membludak, 1.365 Personel Gabungan Disiapkan

Yosef Leon
Senin, 17 April 2023 - 16:27 WIB
Jumali
Kawasan Pantai Bantul Diprediksi Membludak, 1.365 Personel Gabungan Disiapkan Suasana TPR Parangtritis, Rabu (4/5/2022) siang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul menerjunkan sebanyak 1.365 personel gabungan yang nantinya siaga selama masa libur Lebaran. Mereka akan berjaga di posko pengendalian dan persimpangan masuk ke wilayah pantai untuk mengantisipasi kemacetan arus.

BACA JUGA: Pariwisata Bantul Terus Berbenah

Advertisement

Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi mengungkapkan, posko pengendalian akan dibuka sejak 23 sampai 30 April di delapan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) di kawasan Pantai Selatan. Sebab kawasan pantai diprediksi masih menjadi tujuan utama pengunjung saat berlibur ke Bantul.

"Di Parangtritis ada dua posko, kemudian Samas, Goa Cemara, Kuwaru, Pandansimo Goa Selarong dan Goa Cerme," katanya, Senin (17/4/2023).

Markus menjelaskan, posko itu nantinya akan berfungsi untuk memperlancar arus wisatawan yang masuk ke wisata pantai. Diprediksi sejumlah pantai di wilayah Bantul akan dipenuhi oleh wisatawan saat libur Lebaran. Oleh karena itu, petugas berjaga pun ditambah.

"Dari Dishub dan Polisi nanti akan mengantisipasi kemacetan lalu lintas juga. Karena kadang kan yang dari selatan mau keluar padat dan masuk sedikit kemudian orang mengambil jalur yang ke selatan makanya pasti macet. Titik persimpangan juga akan ada petugas yang siaga," ujarnya.

Diprediksi puncak libur Lebaran di Bantul akan berlangsung pada 23 April nanti. Pihaknya menargetkan sebanyak 150.000 wisatawan berkunjung ke Bantul selama libur Lebaran nanti. Jumlah itu berkurang dibandingkan dengan target kunjungan pada 2022 lalu.

"Ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu karena tahun lalu kan liburnya lebih panjang. Tahun lalu ada sebanyak 243.000 pengunjung pas libur Lebaran saja," ucapnya.

Ketua PHRI Bantul Yohanes Hendra Dwi Utomo mengatakan, reservasi hotel untuk libur Lebaran mendatang masih di angka 50 persen untuk tanggal 19-30 April mendatang. Pihaknya berharap reservasi meningkat pada H-2 Lebaran nanti.

"Kebanyakan tamu masih dari wilayah Jawa seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat," katanya.

Konsentrasi wisatawan menginap disebutnya lebih banyak di wilayah Kota Jogja dan juga Sleman lantaran jumlah hotel yang cukup banyak di wilayah itu. Bantul sendiri hanya punya dua hotel bintang empat, satu bintang tiga dan beberapa bintang satu serta kelas melati.

"Target kita di H-2 Lebaran reservasi sudah di angka 80 persen," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement