Advertisement

UGM Kini Punya Halal Center

Catur Dwi Janati
Rabu, 19 April 2023 - 10:27 WIB
Maya Herawati
UGM Kini Punya Halal Center Logo UGM. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Gadjah Mada(UGM) kini punya Halal Center. Peluncuran dilakukan sekaligus meresmikan Gedung Baru Laboratorium dan Pengujian Terpadu (LPPT). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor UGM, Ova Emilia.

Halal Center UGM diharapkan mampu menjadi pusat unggulan. Hal ini juga jadi komitmen UGM untuk mengakselerasi mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk halal terkemuka di dunia.

Advertisement

"Saya kira dengan raihan menduduki ranking nomor dua dunia dalam publikasi halal bisa menjadi modal untuk itu. Sangat diharapkan pusat halal ini mampu mendorong pengembangan industri halal di Indonesia secara berkelanjutan," kata Ova.

BACA JUGA: Produk UMKM Perdesaan Perlu Didaftarkan Sertifikasi Halal

Ova menuturkan pembangunan gedung baru LPPT merupakan kesempatan UGM menunjukkan bagaimana kiprah perguruan tinggi yang komprehensif. Bukan hanya soal knowledge production, tetapi juga knowledge delivery. Sehingga tidak hanya berfokus pada lulusan yang unggul, namun juga penelitian-penelitian serta inovasi yang dihilirkan.

"Juga soal publikasi ilmiah dan advokasi-advokasi kebijakan dengan seluruh potensi yang dimiliki maupun pengabdian yang sudah diakui bagaimana UGM ini berkiprah dan berkarya selama ini," tuturnya di Gedung Baru LPPT UGM pada Senin (17/4/2023).

Gedung Baru LPPT memiliki fasilitas laboratorium berstandar internasional. Rampungnya pembangunan gedung baru LPPT UGM dinilai menjadi sebuah momentum penting untuk meningkatkan produktivitas publikasi, inovasi atau produk-produk maupun pelayanan untuk masyarakat.

"Melalui pembangunan ini tentunya UGM berkomitmen menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi sekaligus mendukung pelestarian pengembangan keilmuan yang unggul dan bermanfaat untuk masyarakat," ujarnya.

Kepala LPPT, Yusril Yusuf menerangkan LPPT UGM pada awalnya merupakan empat laboratorium universitas pusat meliputi Laboratorium Analisis Kimia dan Fisika, Laboratorium Ilmu Hayati, Pusat Studi Obat Tradisional dan Unit Pelayanan Hewan untuk Hewan Percobaan atau PHP.

Kini LPPT UGM telah memiliki lebih 500 parameter uji. Bahkan 61 diantaranya sudah terakreditasi untuk yang pengujian. Sementata untuk kalibrasi ada sekitar 90 parameter dan 30 diantaranya sudah terakreditasi.

"Ini sesuai komitmen UGM untuk terus melakukan pemutakhiran, baik alat maupun fasilitas pendukungnya dan fungsi itu akan kita wujudkan di gedung LPPT yang saat ini kita tempati baik pengujian, kalibrasi dan lain-lain. Ini sekaligus menjadi tantangan bagi kita untuk mengoptimalkan pemakaiannya," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Halal Center UGM Nanung Danar Dono menuturkan pendirian Halal Center UGM merupakan wujud tindak lanjut SK Rektor UGM No.2083/2023 mengenai Pembentukan Komite Halal UGM. Hal ini juga didorong adanya UU. No.23/2014 yang mengharapkan semua pelaku usaha kedepan harus memiliki sertifikat halal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement