Advertisement

Pemudik Mulai Berdatangan ke Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 19 April 2023 - 13:57 WIB
Jumali
Pemudik Mulai Berdatangan ke Gunungkidul Seorang pengunjung sedang duduk di ruang tunggu penjualan tiket bus Akap di Terminal Dhaksinarga, Wonosari. Selasa (4/4/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Memasuki Puasa hari ke-28 terjadi lonjakan kedatangan penumpang di Terminal Dhaksinarga di Kalurahan Selang, Wonosari. Hal ini tak lepas adanya kedatangan sepuluh bus dari program mudik gratis.

BACA JUGA: H-5 Lebaran, Terminal Dhaksinarga Masih Sepi

Advertisement

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Dhaksinarga, Aris Farwanto mengatakan, sudah mulai ada peningkatan kedatangan penumpang di terminal. Kondisi ini diperkirakan masih akan terus meningkat hingga jelang Lebaran.

Dia mencontohkan, pada Selasa (18/4/2023) malam ada kedatangan sepuluh bus dari program mudik gratis. Total penumpang yang turun sebanyak 517 orang.

“Masih akan tambah karena masih ada empat bus mudik gratis dari kementerian yang baru berangkat. Kalau tidak macet, nanti malam sudah bisa sampai ke Gunungkidul,” katanya, Rabu (18/4/2023).

Aris menjelaskan, hingga sekarang aktivitas di Terminal Dhaksinarga dapat berjalan dengan lancar. Guna melihat kesiapan armada angkutan Lebaran juga dilakukan ramcek bersama dengan petugas dari Dinas Perhubungan Gunungkidul.

“Kelaikan operasi armada sangat penting untuk keamanan dan keselamatan selama Lebaran,” katanya.

Sementara di sejumlah titik perbatasan sebagai pintu masuk ke Gunungkidul masih terlihat sepi. Sebagai contoh, di perbatasan sisi utara di Kalurahan Candirejo, Semin masih terlihat sepi.

Lalu lalang kendaraan belum terlihat secara signifikan. Hal yang sama juga terpantau di perbatasan di Kapanewon Ngawen. Kondisinya masih normal karena kendaraan dengan nomor plat luar daerah juga belum nampak.

Kepala Seksi Dalops, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Wahyudi mengatakan, sama seperti dengan wilayah lain, penjagaan di perbatasan Patuk juga masih relative landai. Pasalnya, jumlah kendaraan yang melintas terhitung normal dan belum ada peningkatan signifikan. Menurut dia, peningkatan diperkirakan baru mulai terlihat pada Rabu sore.

“Kalau sekarang masih landai. Mungkin ini baru mulai liburan sehingga peningkatan aktivitas baru terlihat mulai Rabu sore,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement