Advertisement

H-5 Lebaran, Terminal Dhaksinarga Masih Sepi Pemudik

David Kurniawan
Minggu, 16 April 2023 - 21:27 WIB
Arief Junianto
H-5 Lebaran, Terminal Dhaksinarga Masih Sepi Pemudik Ilustrasi Terminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jelang lebaran kondisi di Terminal Dhaksinarga di Kalurahan Selang, Wonosari masih relatif lengang. Diperpkirakan puncak mudik terjadi pada 19-21 April 2023.

Koordinator Satuan Pelayanan https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2023/04/05/513/1131308/penumpang-sepi-ini-curhatan-penjual-tiket-di-terminal-dhaksinarga-gunungkidul, Aris Farwanto mengatakan belum ada lonjakan aktivtas jelang mudik Lebaran di terminal. Pasalnya, kondisi masih relatif sepi dan belum ada kenaikan.

Advertisement

Ia mencontohkan, hingga Minggu (16/4/2023) siang jumlah penumpang yang turun sebanyak 21 penumpang. Rinciannya, penumpang antarkota dalam provinsi hanya 10 orang dan antarkota antarprovinsi sebanyak 11 orang. “Memang belum ada kenaikan terkait dengan kedatangan pemudik,” katanya.

BACA JUGA: Penumpang Sepi, Ini Curhatan Penjual Tiket di Terminal Dhaksinarga Gunungkidul

Aris memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 19-21 April karena bersamaan dengan adanya program mudik gratis dari Pemerintah Pusat. Total ada delapan armada bus yang akan masuk ke Terminal Dhaksinarga. “Pasti dengan adanya program mudik gratis yang masuk maka berdampak terhadap jumlah penumpang yang turun,” katanya.

Menurut dia, untuk kelancaran arus mudik maupun balik terus berkoordinasi dengan dinas perhubungan maupun Polres Gunungkidul. “Di area terminal juga dibangun satu pos pengamanan yang melibatkan petugas gabungan,” katanya.

Salah seorang agen penjual tiket di Terminal Dhaksinarga, Rihas Murwanto mengatakan, Terminal Dhaksinarga merupakan salah satu tujuan mudik si DIY. Menurut dia, untuk kondisinya sekarang masih relatif sepi karena belum memasuki puncak mudik.

Rihas mengungkapkan, sesuai dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, aktivitas di terminal baru mengalami kenaikan signifikan pada saat arus balik. “Ya kalau sekarang masih relatif sepi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Buka Opsi Penyidikan Dugaan TPPU Dana Hibah APBD Provinsi Jawa Timur

News
| Sabtu, 20 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement