Advertisement

Kesetaraan Gender Harus Terus Didorong

Media Digital
Kamis, 20 April 2023 - 03:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kesetaraan Gender Harus Terus Didorong Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja Yetti Martanti. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja terus berupaya mendorong peran perempuan dalam pelestarian kebudayaan dan pengarusutamaan gender.

Advertisement

Kepala Disbud Kota Jogja Yetti Martanti mengatakan jajarannya bekerja sama dengan organisasi perempuan untuk mengadakan sosialisasi isu-isu perempuan guna membuka kesadaran perempuan terhadap kesetaraan gender. “Perempuan tak hanya objek dalam kegiatan melainkan mengambil peran sebagai subjek terselenggaranya kegiatan,” katanya. 

Meski begitu, hingga kini tantangan pengarusutamaan gender dalam kebudayaan masih besar, salah satunya stereotip gender yang masih kuat. 

“Ini terlihat dari banyaknya karya seni yang masih mempertahankan pandangan gender yang konservatif dan diskriminatif,” katanya. 

Oleh karena itu, perlu upaya mengubah pandangan gender yang berlaku dalam kebudayaan dan mendorong terciptanya karya-karya budaya yang inklusif. 

Menurut Yetti partisipasi perempuan dalam kebudayaan masih minim, baik sebagai pelaku seni, maupun pengambil keputusan dalam kebudayaan. Ini disebabkan pandangan gender yang diskriminatif, dan norma sosial yang membatasi peran perempuan dalam masyarakat akibat kentalnya patriarki. Karena itu, perlu upaya meningkatkan partisipasi perempuan dalam kebudayaan melalui program-program khusus.

Meski kesetaraan gender bersifat universal, perlu dicatat bahwa kesetaraan gender tidak bisa lepas dari konstruksi sosial dan konteks budaya. Agar dapat memiliki keberlanjutan jangka panjang, perjuangan terhadap kesetaraan gender  perlu beriringan dengan dinamika sosial budaya masyarakat. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jaksa Ungkap Ada Uang Rp2,01 Miliar dari SYL ke Rekening Penitipan KPK

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement