Advertisement

BUMDes Binangun Mujur Srikayangan, Raup Laba Rp400 Juta pada 2022

Media Digital
Kamis, 20 April 2023 - 04:57 WIB
Abdul Hamied Razak
BUMDes Binangun Mujur Srikayangan, Raup Laba Rp400 Juta pada 2022 Direktur BUMDes Srikayangan, Maria Sriyanti (kanan) saat menghadiri salah satu acara UMKM di Srikayangan. Di tangan Maria, BUMDes Srikayangan pada tahun ini mampu meraup laba hampir Rp400 juta. ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA BUMDes Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo yang bernama Binangun Mujur Srikayangan meraup laba hampir Rp400 juta selama 2022.

Advertisement

Direktur BUMDes Srikayangan, Maria Sriyanti, mengatakan total laba yang dihasilkan melalui unit-unit usaha selama 2022 mencapai Rp376 juta.

“Bagi hasil kepada pemerintah kalurahan [pemkal] pada 2022 sebesar 50 persen. Jadi pasti di atas Rp100 juta yang kami bagikan. Tahun ini saja kami memberikan Rp188 juta ke pemkal. Kalau total laba Rp376 juta,” kata Maria ditemui di Srikayangan, Minggu (16/4/2023).

Sebanyak 50% sisa laba dari yang diberikan kepada Pemkal Srikayangan, kata Maria, digunakan untuk menambah modal unit-unit usaha yang ada.

Perempuan asal Dusun Kali Winong Lor, Srikayangan, tersebut menjelaskan pada awalnya BUMDes Binangun Mujur Srikayangan berdiri pada 2006 sebagai lembaga keuangan mikro (LKM). 

Pada 2012, LKM tersebut berubah menjadi perusahaan umum desa (perumdes). “Nah pada 2016 perumdes berubah menjadi BUMDes. Saya sendiri menjabat direktur pada 2018. Itu tahun pertama saya,” katanya.

Maria menjelaskan unit usaha yang ada ketika dia pertama kali masuk ke BUMDes adalah unit desa keuangan atau unit simpan pinjam. Pada 2018 pula, Maria membuka unit perdagangan dan unit desa wisata. Setahun selanjutnya, unit tani pun didirikan.

“Toko tani desa itu kami gunakan untuk mengupayakan pupuk dan obat-obatan [tanaman] bagi masyarakat. Hal ini penting mengingat luas sawah di Srikayangan mencapai 216 hektare dengan sentra pertanian bawang merah,” ucapnya.

Unit tani tersebut tidak lepas dari unit simpang pinjam. Maria menjelaskan BUMDes selalu memfasilitasi kredit bagi petani. 

Saat ini, BUMDes Binangun Mujur Srikayangan memiliki enam unit usaha antara lain unit usaha simpan pinjam, perdagangan umum, pengelolaan minyak jelantah, pangkalan gas, toko tani, dan wisata. Adapun staf BUMDes, kata dia, diwajibkan warga yang lahir di Srikayangan.

Maria mengatakan staf atau pengelola yang ada di BUMDes semua perempuan. Ketika BUMDes memiliki program, BUMDes akan bekerja sama dengan masyarakat lain. Mudahnya, BUMDes akan menawarkan program tersebut dan salah satu kelompok di masyarakat akan mengambilnya.

“Kami juga kerja sama dengan kelompok wanita tani [KWT]. Jadi KWT Putri Manunggal ini memproduksi bawang goreng,” lanjutnya.

Salah satu unit yang perlu digenjot, kata Maria, adalah desa wisata. Beberapa hal yang dapat dilakukan BUMDes terkait pariwisata adalah menyediakan jasa wisata. “Kami belum banyak merambah ke arah pariwisata. Sejak 2018, kami baru bisa menawarkan jasa wisata. Jadi kami bekerja sama dengan desa-desa sebelah. Kami membawa wisatawan pergi ke luar,” terangnya. Sejak 2022, ketika jalan baru Srikayangan viral di media sosial, Maria berupaya untuk mengembangkannya lebih jauh. Saat ini, BUMDes sedang membangun gazebo di sepanjang jalan baru Srikayangan dengan suguhan pertanian bawang merah.

Tingkatkan PBB

Semakin berkembang, BUMDes Binangun Mujur Srikayangan kemudian menjalin kemitraan dengan Bank BPD DIY pada 2019. Selain soal pengembangan unit simpan pinjam, BUMDes berupaya untuk meningkatkan pajak bumi dan bangunan (PBB). 

Pada prinsipnya, dengan bantuan Bank BPD DIY, perolehan PBB dapat terdongkrak. “Dulu, kami berada di urutan nomor tiga terendah di Kulonprogo untuk PBB. Setelah bekerja sama dengan Bank BPD DIY, kami jemput bola untuk PBB. Tahun lalu, kami sudah masuk ke 30 besar. Sudah cukup jauh dibandingkan dulu,” kata dia. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement