Advertisement

Jemaah Masjid Aolia Panggang Sudah Gelar Salat Id

Hadid Husaini
Kamis, 20 April 2023 - 12:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Jemaah Masjid Aolia Panggang Sudah Gelar Salat Id Jemaah Aolia khusyuk mengiluti Salat Id pada Kamis (20/4 - 2023)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Jemaah Masjid Aolia di Panggang, Gunungkidul telah melaksanakan Salat Idulfitri pada Kamis pagi (20/4/2023). Salat Id digelar di sejumlah lokasi di Panggang 3, Giriharjo, Panggang, Gunung Kidul.

Sejak pagi jemaah yang dipimpin oleh Ibnu Hajar Sholeh Pranolo tersebut sudah melantunkan takbir sembari menunggu jamaah lain yang datang. Takbir tersebut berkumandang hingga pukul pukul 07.00 tanda dimulainya Salat Ied.

Advertisement

Ibnu Hajar Sholeh Pranolo menyampaikan perbedaan Idulfitri merupakan sebuah keyakinan dan bukan masalah perhitungan rukyat atau hilal.

Yang penting jangan saling menyalahkan, tidak boleh. Jangan sampai pecah belah hanya karena perbedaan pandangan," ujar Ibnu. Dirinya menyebut bahwa keputusan mengawali pelaksanaan Salat Idulfitri karena alasan spritual.

Putra ketiga Pimpinan Jamaah Aolia, Musa Asibilah, menyampaikan Jemaah Aolia ini memiliki jumlah yang cukup banyak. “Di DIY sendiri ada banyak dan hari ini melaksanakan Salat Id semua,” ucapnya seusai Salat Id di Masjid Aolia, Panggang lll, Griharjo, Panggang, Gunungkidul.

Penetapan Idulfitri oleh jemaah Aolia memang lebih dahulu. Sebelumnya PP Muhammadiyah menetapkan Idulfitri atau 1 Syawal jatuh pada Jumat (21/4/2023) sedangkan Pemerintah baru akan mengumumkannya pada hari yang sama melalui Sidang Isbat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement