Advertisement

Peserta Salat Id Hari Ini di Lapangan Denggung Membeludak

Catur Dwi Janati
Jum'at, 21 April 2023 - 13:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Peserta Salat Id Hari Ini di Lapangan Denggung Membeludak Salat Id di Lapangan Denggung, Sleman, Jumat (21/4/2023). - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Salat Id Muhammadiyah yang digelar di Lapangan Denggung, Tridadi, Sleman membeludak, Jumat (21/4/2023).

Ribuan jemaah memadati lokasi salat, jauh di luar ekspektasi penyelenggara. Diestimasikan ada ribuan orang yang mengikuti salat Id di Lapangan Denggung kali ini.

Advertisement

Dari pantauan Harian Jogja di Lapangan Denggung, lokasi yang semula awalnya lengang berangsur-angsur ramai dipenuhi jemaah yang hendak melaksanakan Salat Id. Malahan lokasi yang disiapkan penyelenggara serasa tak cukup menampung animo masyarakat yang hendak melaksanakan Salat Id.

Beberapa jemaah pun sampai menggelar tikar di luar rumput lapangan. Bahkan ada jemaah yang terpaksa menggelar alas salat di atas bangunan panggung, tepat di depan tulisan besar Kabupaten Sleman.

Tampak Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, ikut melaksanakan Salat Id di Lapangan Denggung tadi pagi.

Kendati ramai, Salat Id yang diselenggarakan di Lapangan Denggung Tridadi berjalan dengan kondusif. Tidak ada kerumunan yang memicu hingga berdesak-desakan saat jemaah datang maupun pulang. Setelah salat rampung digelar para jemaah pulang dengan tertib dan kondusif.

Salat Id di Lapangan Denggung yang dipimpin Kompol Purn Muh. Jamaluddin Ahmad berlangsung khidmat. Jamaluddin dalam khotbahnya meminta jemaah untuk melanjutkan beragam kegiatan baik yang dulu dilakukan di bulan Ramadan setelah bulan puasa ini.

"Menjadi penting untuk meneruskan ibadah amaliah Ramadan," tuturnya, Jumat. Dia berharap jemaah dapat terus meramaikan masjid-masjid setelah Ramadan. Bila selama puasa umat muslim gencar membagikan zakat, infaq dan sedekah, diharapkan Jalamudin amalan itu dapat terus dilanjutkan selepas bulan Ramadan.

Kustini juga melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam pelaksanaan Salat Id kali ini. “Penuh sampai tidak cukup. Ini masyarakat semua sudah menghargai perbedaan,” tuturnya.

“Monggo nanti yang menjalankan tanggal 21 maupun 22 tidak ada bedanya. Sama-sama untuk menjalankan dan ini adalah antusias masyarakat selalu menjaga kebersamaan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement