Advertisement

Gelar Griya di Yogyakarta Ditunda akibat Imbauan Menpan RB

Newswire
Selasa, 25 April 2023 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Gelar Griya di Yogyakarta Ditunda akibat Imbauan Menpan RB Foto ilustrasi. Sejumlah pejabat Pemkab Gunungkidul bersalaman dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan GKR Hemas dalam acara Halal Bihalal di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Kamis (20/6/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Acara Gelar Griya yang berupa open house pemimpin daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditunda. Rencananya Pemda DIY bakal menggelar Gelar Griya pada Rabu (26/4/2023) di Bangsal Kepatihan.

Penundaan ini menyusul terbitnya imbauan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Menpan RB) ad interim Mahfud MD terkait dengan pembatasan kegiatan seusai Lebaran.

Advertisement

Koordinator Substansi Hubungan Masyarakat, Biro Umum, Hubungan Masyarakat, dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/4/2023) mengatakan sesuai rencana Gelar Griya di Yogyakarta itu akan dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

"Namun, karena ada surat dari menpan RB ad interm yang mengimbau agar menunda, maka pelaksanaan halalbihalal atau open house setelah tanggal 2 Mei," kata Ditya.

Hingga kini, Pemprov DIY belum menentukan perubahan waktu serta tanggal pelaksanaan secara pasti. "Pemda DIY akan menyelenggarakan kegiatan tersebut setelah tanggal 2 Mei 2023. Untuk tanggal dan jamnya, akan kami informasikan lebih lanjut," ujarnya.

Acara Gelar Griya yang biasa digelar setelah Lebaran di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta selalu dimanfaatkan warga untuk bertemu dan berjabat tangan langsung dengan Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sultan HB X serta Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

Dalam kegiatan itu, ribuan porsi kuliner biasanya tersaji dengan menu beragam, mulai dari soto ayam, nasi liwet, mi rebus atau goreng, hingga aneka jenang.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengeluarkan instruksi selaku Menpan RB ad interim agar seluruh kantor pemerintahan menunda pelaksanaan Halalbihalal Idulfitri 1444 Hijriah.

Mahfud mengumumkan hal itu melalui unggahan di akun Instagram resmi @mohmahfudmd, Senin (24/4), di mana ia menginstruksikan agar kantor pemerintah melakukan kegiatan halalbihalal dan sejenisnya pada pekan kedua setelah Idulfitri 1444 H. Atas instruksi ini pun, acara di Yogyakarta lantas ditunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tertipu APK Surat Tilang, Korban Kehilangan Uang hingga Rp2,3 Miliar

News
| Jum'at, 29 September 2023, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement