Advertisement

DPC PDIP Sleman Satu Komando Tegak Lurus Dalam Pemenangan Capres Pak Ganjar

Catur Dwi Janati
Kamis, 27 April 2023 - 00:07 WIB
Maya Herawati
DPC PDIP Sleman Satu Komando Tegak Lurus Dalam Pemenangan Capres Pak Ganjar Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyematkan peci kepada calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—DPC PDIP Sleman segera membahas penambahan perolehan kursi legislatif di DPRD Sleman pada Pileg 2024. Sedangkan soal penetapan bakal calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024 bakal ditindaklanjuti di tingkat DPC, yang siap satu komando memenangkan Pak Ganjar

Ketua DPC PDIP Sleman, Koeswanto menegaskan penetapan capres yang diusung PDIP harus ditindaklanjuti dan membuat struktural partai harus segera bekerja. Tindakan rapat di tingkat DPC bakal digelar untuk menindaklanjuti penetapan ini. Saat ini para kader yang sudah memiliki bendera PDIP, diimbau Koeswanto untuk mengibarkan bendera di masing-masing rumahnya.

Advertisement

"Kita atur jalannya tugas-tugas nanti lewat rapat dulu. Memang baru diinstruksikan untuk mengibarkan bendera di masing-masing rumah struktural. Depan rumah struktural untuk pasang bendera. Setelah itu kami adakan rapat, nanti ada rapat untuk mulai kerja. Pemenangan Pak Ganjar sesuai instruksi DPP," tegasnya dihubungi pada Senin (24/4/2023)

Meski masih menunggu instruksi lebih lanjut dari DPP PDIP, menurut Koeswanto saat ini paling tidak kader partai bisa menyosialisasikan tentang capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo kepada masyarakat. "Paling tidak menyosialisasikan kepada masyarakat tentang yang kemarin yang diputuskan Ibu [Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri] sebagai bakal calon presiden dari PDIP [Pak Ganjar]. Sebatas itu dulu," tuturnya.

BACA JUGA: Kekayaan AKBP Achiruddin Hasibuan, Polisi yang Biarkan Anak Aniaya Mahasiswa

Di sisi lain, bila dirunut kedekatan Ganjar Pranowo (Pak Ganjar) dengan Sleman, Koeswanto menyebutkan soal Ganjar yang dulunya menempuh pendidikan tinggi di UGM, yang mana kampus tersebut juga terletak di Sleman. Selain itu sebagai Gubernur Jawa Tengah, wilayah kewenangan Ganjar yakni Magelang maupun Klaten juga bersinggungan dengan Sleman.

"Kalau Pak Ganjar sendiri itu ya baik-baik saja [hubungan dengan Sleman], karena dia merasa dari UGM dulu, kan di Sleman itu juga sudah terbiasa baik-baik saja. Ya saya rasa pak Ganjar itu orangnya ya bijak dan adil, saya rasa hubungan emosionalnya kan dibangun sedemikian rupa sehingga tidak ada kecemburuan daerah satu dengan yang lain," ungkapnya.

Target Pileg

Selain pemenangan Pak Ganjar, DPC Sleman juga kemungkinan membahas pemenangan pemilihan anggota legislatif di Sleman. Koeswanto mengatakan bahwa anggota legislatif dari fraksi PDIP pada Pileg 2024 ditargetkan meningkat 5-6 kursi. Dari 15 anggota legislatif saat ini menjadi 21 orang di Pileg berikutnya. "Kalau pemenangan caleg itu memang target untuk peningkatan kursi itu tak henti-hentinya, kalau target pemenangan legislatif. Ketambahan baru pak Ganjar kemarin diumumkan. Otomatis kan nanti itu beriringan, Pileg, Pilpres, Pilkada itu memang tugas partai untuk memenangkan," tegasnya.

Sementara untuk persiapan Pilkada, Koeswanto menerangkan bila saat ini penjaringan bakal calon pun belum dilakukan. Belum ada pendaftaran atau pembukaan.

"Nanti setelah adanya pendaftaran atau dibukanya penjaringan baru kita bergerak. Apa yang direkomendasikan dari DPP, siapa pun yang kami jaring, kami kirimkan. Ketambahan ada di DPP, DPP menurunkan rekomendasi siapa yang ditunjuk DPP dari hasil penjaringan kami tersebut," tambahnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa juga memberi tanggapannya atas ditetapkannya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Danang menegaskan sebagai kader PDIP, dirinya akan mendukung pemenangan capres dari PDIP.

"Pastilah, karena ibu ketua umum sudah memberikan mandat, sudah memberikan rekomendasi kepada mas Ganjar ini tentunya merupakan tugas semua kader partai tanpa teekecuali untuk menyukseskan Pak Ganjar ini di nanti pemilihan presiden tahun 2024," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement