Advertisement

Wisata Lesu saat Lebaran, Pendapatan Potrobayan Drop hingga 50%

Hadid Husaini
Jum'at, 28 April 2023 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Wisata Lesu saat Lebaran, Pendapatan Potrobayan Drop hingga 50% Wisatawan berkemah di tepi sungai di kawasan Potrobayan. - Twitter @Potrobayan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kondisi pariwisata DIY selama libur Idulfitri tahun ini tampak lesu. Salah satunya adalah yang dialami oleh wisata alam Potrobayan di Kapanewon Pundong, Bantul.

Kondisi wisata sungai yang biasanya dipakai untuk kemping ini tidak seperti tahun tahun sebelumnya yang ramai pada musim libur kini tampak sepi pengunjung.

Advertisement

Salah satu pengelola wisata Potrobayan, Rahmad Santo mengungkapkan jika sepinya pengunjung yang berlibur atau menghabiskan waktu di wisata sungai potrobayan diakibatkan karena kondisi cuaca. “Kemungkinan menurunnya pengunjung karena kondisi cuaca seperti,” ujar Rahmad saat dihubungi pada Jumat (28/4/2023).  

Pasalnya pada awal tahun lalu, tempat wisata ini sempat dilanda banjir bandang yang membuat porak poranda sekitar pinggiran sungai yang menjadi tempat wisatawan kemping.

BACA JUGA: Masih Libur? Kunjungi 9 Wisata Candi di Jogja Ini

Selain itu dirinya menyebut kondisi pandemi Covid-19 yang telah membaik membuat banyaknya pengunjung wisatawan yang didominasi oleh mahasiswa, kini kembali ke kampung halamanya. 

berbeda dengan tahun sebelumnya dimana banyak mahasiswa yang menetap di Jogja selama lebaran dan menghabiskan waktunya di wisata Potrobayan. “Kalau Lebaran tahun lalu pengunjung bisa sampai dua kali lipat daripada hari-hari biasa,” ucap Rahmad.

Dia menyebut pendapatan yang hilang jika dibandingkan dengan lebaran tahun sebelumnya hingga 50%.

Secara pendapatan sih berkurang tetapi berhubung cuaca juga masih kurang mendukung jadi malah untuk keamanan lebih terkondisi.

Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul menyampaikan jumlah kunjungan wisata saat ini yang masuk ke Bantul melalui hitungan retribusi memang mengalami penurunan.

Berdasarkan data rerata liburan tahun ini, angkanya memang menurun dari tahun sebelumnya. Jika rerata dihitung dalam sepekan pada saat Lebaran biasanya per hari pada tahun sebelumnya sampai 34.000 wisatawan tahun ini hanya 24.000 per hari, dihitung dari setiap titik retribusi wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Tergetkan Selesaikan 87 Kasus Mafia Tanah Tahun Ini

News
| Senin, 15 Juli 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement