Advertisement

Kunjungan ke Tempat Wisata Gunungkidul Selama Libur Lebaran Masih Jauh dari Target

David Kurniawan
Selasa, 25 April 2023 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Kunjungan ke Tempat Wisata Gunungkidul Selama Libur Lebaran Masih Jauh dari Target Wisatawan menikmati pemandangan alam dari atas perbukitan di kawasan Pantai Kesirat, Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul–Dinas Pariwisata Gunungkidul menargetkan kunjungan wisata sebanyak 185.000 pengunjung pada saat libur Lebaran. Meski demikian, hingga Selasa (25/4/2023) pagi, jumlah kunjungan yang masuk baru sekitar 73.725 orang.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, masih terus berupaya memenuhi target kunjungan ke tempat wisata Gunungkidul di libur Lebaran. Ia tidak menampik cuti bersama liburan berakhir Selasa (25/4/2023), namun perhitungan jumlah pengunjung masih akan berlanjut hingga 30 April 2023.

Advertisement

Menurut dia, puncak kunjungan Lebaran terjadi pada Senin (24/4/2023). Dalam sehari ada kunjungan sebanyak 39.224 orang memadati kawasan wisata di Bumi Handayani.

Meski demikian, Hary mengakui target kunjungan belum sesuai dengan target. Pasalnya, hingga Selasa pagi jumlahn kunjungan yang masuk baru sekitar 77.725 orang.

“Masih bisa bertambah karena kunjungan pada Selasa masih berlangsung dan rekap data baru dilaksanakan pada malam hari. Yang jelas, kami tetap berusaha memenuhi target kunjungan wisata selama libur Lebaran,” kata Hary, Selasa siang.

BACA JUGA: Parkir Malioboro Jogja Penuh, Dishub Arahkan ke Tempat Alternatif

Menurut dia, jumlah kunjungan yang masih belum memenuhi target berdampak terhadap pemasukan dari sektor retribusi masuk ke tempat wisata Gunungkidul. Pada saat persiapan liburan ditargetkan pendapatan asli daerah bertambah sebanyak Rp1,35 miliar, tapi baru tercapai sekitar Rp549,2 juta.

“Masih ada waktu hingga 30 April. Mudah-mudahan target selama libur Lebaran bisa terpenuhi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini.

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan, selama libur Lebaran seluruh personel berjumlah 63 orang terus disiagakan guna pengamanan di kawasan pantai. Untuk memperlancar pengamanan, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 juga menerjunkan tiga unit mobil ambuan, empat perahu jukung, dua jetski, dan satu ATV.

“Kami juga siapkan jalur evakuasi melalui laut jika terjadi kemacetan. Korban akan dievakuasi melalui laut didaratkan di pantai Ngrenehan [Saptosari]. Hingga sekarang semua berjalan dengan lancar,” kata Suris.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 1, Sunu Handoko. Menurut dia, dalam mendukung operasi juga disiagakan tiga perahu jukung, mobil ambulan lima unit, dua unit ATV dan satu Jetsky. “Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar. kami juga terus siaga dan akan memperingatkan kepada setiap pengunjung yang bermain di area berbahaya,” katanya. 

Penjagaan ini juga untuk menjamin pengunjung ke tempat wisata Gunungkidul aman dan nyaman. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tingkatkan Konektivitas Udara Nasional, Pelita Air Gencar Tambah Armada Pesawat

News
| Selasa, 26 September 2023, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement