Advertisement

Wisata di Jogja, Jangan Lupa Bawa Batik Ratmotirto Jadi Cenderamata

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 29 April 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Wisata di Jogja, Jangan Lupa Bawa Batik Ratmotirto Jadi Cenderamata Warga Kampung Ratmakan membuat batik Ratmotirto belum lama ini. - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Saat berwisata di Jogja, jangan lupa bawa cenderamata sebagai oleh-oleh. Nah cenderamata yang satu ini berupa batik khas bikinan Warga Kampung Ratmakan, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan. 

Warga mengembangkan batik khas kampungnya yakni batik Ratmotirto. Batik tersebut diproyeksikan menjadi cenderamata Kampung Ratmakan.

Advertisement

Lurah Kelurahan Ngupasan, Didik Agus Mursihanta menyampaikan Kampung Ratmakan tengah dikembangkan menjadi kampung wisata. Untuk mendukung kampung wisata tersebut, warga Kampung Ratmakan mengembangkan batik khas wilayahnya. 

“Kampung Ratmakan kan baru merintis kampung wisata. Dari ketua kampung wisata berinisiatif ingin menciptakan sesuatu yang lain daripada yang lain dan bisa menjadi ciri khas dari kampung tersebut, akhirnya diciptakan motif batik tersebut,” katanya, Jumat (28/4/2023).

Dia menyampaikan motif batik tersebut terinspirasi dari relief yang ada pada salah satu bangunan joglo di wilayah tersebut. Selain itu, wilayah Kampung Ratmakan yang berdekatan dengan Sungai Code, pun menjadi inspirasi dalam pembuatannya. Padu padan antara sungai dan relief yang ada di Jogja akhirnya dikombinasikan dalam motif tersebut. 

Sebagai upaya mengembangkan motif batik tersebut, Didik menyampaikan pihaknya berupaya mewadahi dengan menyelenggarakan pelatihan membatik. Melalui pelatihan tersebut, warga dibekali keterampilan untuk memproduksi batik tersebut. 

Atas motif batik yang diciptakan tersebut, Didik menyampaikan apresiasinya. Dia pun berharap batik tersebut dapat terus diproduksi untuk mendukung Kampung Wisata Ratmakan ke depan dan memajukan wisata di Jogja

“Diharapkannya dengan hasil karya motif batik Ratmotirto dapat menjadi cendera mata khas Kampung Wisata Ratmakan, serta dapat mengangkat perekonomian warga Ratmakan dan memajukan wisata di Jogja,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement