Advertisement

Begini Komposisi Calon Legislatif Gerindra Bantul

Hadid Husaini
Minggu, 30 April 2023 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Begini Komposisi Calon Legislatif Gerindra Bantul Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, Bantul–Pembukaan Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) akan dilakukan besok Senin (1/5/2023). Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Bantul telah selesai melakukan seleksi yang mendaftar.

Persiapan Pencalonan sendiri sudah dilakukan oleh DPC Gerindra Bantul sejak tahun lalu baik fit and proper test hingga pembekalan kepada para calon. "Kamu sudah melakukan persiapan sejak tahun lalu, dan bulan Februari kemarin sudah dilakukan penyaringan, baik caleg dari dari internal maupun eksternal partai," ujar Ketua DPC Gerindra Bantul Nur Subiantoro pada Minggu (30/4/2023).

Advertisement

Calon yang terseleksi tersebut menurutnya juga sudah melalui rekomendasi dari tingkat pusat Gerindra."Sehingga bakal calon yang sudah lolos dimungkinkan masuk daftar sementara sudahbdi dari DPP dan DPD," ungkapnya saat dihubungi Harianjogja.com.

Dirinya membeberkan gambaran umum para Bacaleg yang mendaftar di partai Pimpinan Prabowo Subianto tersebut. Dari persyaratan 45 Bacaleg tersebut terdiri dari 8 petahana dan sisanya merupakan pendatang baru.

"Ada yang muka lama 2019 maju tapi belum menang ini maju lagi, ada yang benar-benar baru," ujar Nur. Dirinya menyampaikan komposisi Bacaleg terdapat dari kalangan generasi millenial yang baru lulus, bahkan masih mengerjakan skripsi. Jenjang pendidikan calon pendaftar rata-rata berada pada S1 hingga S2.

Aturan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen menurut Nur juga telah terpenuhi. Dapil dengan keterisian 7-8 bacaleg Gerindra sendiri masing masing terdapat 3-4 perempuan.

Untuk pemilu legislatif 2024 mendatang, Nur menyebut partainya tidak ingin kecolongan. Dirinya berharap para caleg sememtra tersebut memiliki kinerja yang diharapkan yang menjunjung nilai nasionalis dan religius.

"Seperti partai lainya, tentu kami tidak ingin kecolongan, namanya juga strategi," ungkap Nur. Kedepan, setelah terpilih sebagai caleg yang diusung dari Gerindra Nur menyebut masih akan melakukan pembekalan lanjutan untuk dilakukan pendidikan karakter. "Kalau soal kesetiaan, partai kami loyalitas bisa diuji di lapangan," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement