Advertisement

Selama Arus Mudik-Balik, Segini Jumlah Kendaraan yang Melewati Tol Jogja-Solo

Abdul Hamied Razak
Selasa, 02 Mei 2023 - 22:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Selama Arus Mudik-Balik, Segini Jumlah Kendaraan yang Melewati Tol Jogja-Solo Seorang penumpang kembali masuk ke dalam kendaraan setelah berhenti sejenak di Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Ribuan kendaraan tercatat melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Kulon Progo (Jalan Tol Jogja-Solo) Segmen Kartasura (Akses Gerbang Tol Colomadu) - Sawi. Sejak dibukanya jalur fungsional ini di tanggal 15 April hingga 1 Mei lalu, 2023 yang lalu sebanyak 76.518 kendaraan.

Total jumlah kendaraan yang melintasi jalur fungsional sepanjang 6 Km selama 17 hari tersebut terbagi sebanyak 34.798 kendaraan pada periode arus mudik yaitu pada tgl 15-24 April 2023 serta sebanyak 41.720 kendaraan yang melintas pada arus balik yaitu pada tanggal 25 April-01 Mei 2023.

Advertisement

Jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo ini telah dioperasikan tanpa tarif pada pukul 06.00 - 17.00 WIB atas diskresi Kepolisian dengan rute Kartasura menuju Sawit pada arus mudik dan rute sebaliknya yaitu Sawit menuju Kartasura pada arus balik.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Suchandra P. Hutabarat menjelaskan, dari total 17 hari tersebut, PT JMM mencatat sebanyak 76.518 kendaraan yang melewati jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura – Sawit dengan lonjakan pemudik terbanyak berada di tanggal 23 April 2023, yaitu sebanyak 6.279 kendaraan yang melintas pada arus mudik.

Suchandra menambahkan bahwa pengoperasian secara fungsional Jalan Tol Jogja-Solo ini telah berhasil mengurai penumpukan kendaraan di beberapa titik yang kerap terjadi kemacetan dan kepadatan yang sering terjadi di Jalan Nasional Solo Jogja terutama pada periode Hari Raya Idul Fitri, salah satunya adalah di perlintasan Tugu Kartasura.

Pada Arus balik pun Jalur Funngsional ini dapat mempersingkat perjalanan pemudik yang ingin Kembali ke Jabotabek dan Sekitarnya karena dapat langsung terhubung dengan gerbang Tol Colomadu untuk melanjutkan perjalanan.

Jalur fungsional ini juga akan menjadi jalur alternatif masyarakat yang akan menuju Bandara Adi Sumarmo melalui Gerbang Tol Colomadu, maupun masyarakat yang akan menuju Boyolali dan Klaten saat keluar dari Jalan Tol Trans Jawa.

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M. Herdi Pratama, mengatakan koordinasi dan sinergi yang selama jalur fungsional ini beroperasi dijalankan dengan sangat baik. “koordinasi dan sinergi sangat terasa sekali,” imbuhnya.

Senada, Direktur PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) Mery Natacha Panjaitan mengatakan koordinasi, sinergis yang baik selama 17 hari ini sangat menyenangkan , tol fungsional Jogja-Solo ini memberikan keuntungan banyak dan membantu sekali terkait lalu lintas kami yang terasa sangat signifikan di JSN.

"Kami mengapresiasi seluruh pihak yang ikut menjaga kelancaran jalur fungsional Tol Jogja-Solo Semoga apa yang kita laksanakan ini menjadi berkah buat kita semua," imbuh Suchandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement