Advertisement

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023 di Bantul Diklaim Lebih Lancar

Ujang Hasanudin
Selasa, 02 Mei 2023 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023 di Bantul Diklaim Lebih Lancar Petugas kepolisian berpatroli di Pantai Parangtritis pada libur Lebaran Rabu (26/4/2023). Dinas Pariwisata Bantul menyebut pendapatan dari sektor wisata selama 21-25 April mencapai Rp978 juta. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan Bantul mengklaim arus lalu lintas mudik dan balik Lebaran tahun ini lebih lancar dibanding Lebaran tahun lalu. Tidak hanya itu, kepadatan kendaraan di jalur-jalur menuju objek wisata di Bantul juga dapat dikendalikan sehingga tidak ada arus lalu lintas satu arah di jalur wisata.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi mengatakan prediksi pemudik yang masuk wilayah DIY 5,9 juta dan di antaranya masuk Bantul sekitar 1,5-2 juta orang melesat. Menurutnya pemudik maupun wisatawan yang berkunjung ke Bantul selama libur dan cuti lebaran tidak sampai seperti yang diprediksi.

Advertisement

“Menurt saya prediksi DIY didatangi 5,9 pemudik dan wisatawan tidak sepenunya terealisir. Arus mudik dan balik relatif lancar, tidak ada kendala sama sekali di jalan,” kata Singgih, saat dihubungi Selasa (2/5/2023).

Tidak hanya jalur mudik dan balik Lebaran, namun jalur-jalur wisata Bumi Projotamansari  diakuinya juga cukup ramai, namun terkendali seperti yang dikhawatirkan di Jalan Prangtritis.

Memang, kata dia, ada peningkiatan volume kendaraan di sepanjang Jalan Parangtritis, akan tetapi dapat terkendali berkat rekayasan lalu lintas yang dilakukan jawatannya bersama aparat kepolisian dan instansi terkait.

Rekayasa di Jalan Parangtritis yang dilakukan adalah dengan memasang pembatas jalan di selatan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis. “Dengan rekayasa  lalu lintas ini kendaraan wisatawan yang melintas di Jalan Parangtritis lancar. Tidak sampai ada kebijakan memberlakukan satu arah di Jalan Parangtritis,” ujarnya.

Demikian di Jembatan Kretek 2 yang sempat dikhawatirkan adanya kepadatan lalu lintas kendaraan wisatawan maupun pemudik tidak terjadi. Dari pantauannya selama arus mudik dan arus balik lebaran serta masa liburan kondisi Jembatan Kretek 2 tetap lancar, tidak ada penumpukan kendaraan.

Menurutnya, kepadatan lalu lintas justeru dipicu karena cuaca dan sarana prasarana penunjang seperti adanya genangan air di sejumlah titik yang menyebabkan arus lalu lintas kendaraan terhambat. Setidaknya ada tiga titik genangan air yang cukup menghambat lalu lintas karena saluran drainase tidak berfungsi optimal, yakni di Jalan Parangtritis tepatnya di simpang Druwo sampai ke selatan.

Kemudian genangan air juga terjadi dari simpang empat Dongkelan ke timur, serta di beberapa titik di Jalan Imogiri Timur salah satunya di simpang Jejeran. Ia mengaku bukan kewenangan intansinya untuk menangani saluran drainase. “Ini menjadi catatan agar instansi terkait bisa menanganinya karena itu bukan kewenangan kami,” ucapnya.

Lancarnya arus mudik dan balik Lebaran 2023 juga disampaikan oleh musikus asal Bantul yang kerap melantunkan lagu-lagu berbahasa Jawa, Ndarboy. “Arus mudik, arus libur  dan arus balik lebaran tahun 2023 ini lebih lancar dan nyaman,” katanya kepada wartawan, Minggu (30/4/2023).

Pria yang memiliki nama lengkap Helarius Daru Indrajaya tersebut juga mengapresiasi kinerja kepolisian dalam melakukan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran di Bantul.

“Terima kasih, apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran kepolisian khususnya Satlantas Polres Bantul dan Polda DIY lainnya atas kerja sama untuk melancarkan arus mudik, arus liburan dan arus balik tahun 2023 ini, Polri selalu dihati,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Prakiraan Cuaca DIY Kamis 1 Juni 2023

Prakiraan Cuaca DIY Kamis 1 Juni 2023

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemkab Kediri Bangun Stadion Baru

News
| Kamis, 01 Juni 2023, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Long Weekend, Asita Perkirakan Wisatawan Lebih Ramai dari Lebaran

Wisata
| Rabu, 31 Mei 2023, 18:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement