Advertisement

Sebanyak 485 Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Diwisuda

Media Digital
Sabtu, 06 Mei 2023 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sebanyak 485 Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Diwisuda Sejumlah mahasiswa mengikuti wisuda UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (6/5/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

SLEMAN—UPN Veteran Yogyakarta mewisuda 485 mahasiswa, Sabtu (6/5/2023). Wisuda mahasiswa yang berdekatan dengan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional ini diharapkan bisa memperkuat komitmen untuk terus meningkatkan prestasi.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Mohamad Irhas Effendi, mengatakan pada periode ini diwisuda sebanyak 485 wisudawan dengan rincian dua wisudawan Doktor (S3), 50 wisudawan Magister (S2), 426 wisudawan Sarjana (S1) dan tujuh wisudawan Diploma (D3).

Advertisement

Sebaran menurut fakultas yakni Fakultas Teknologi Mineral sebanyak 95 wisudawan, Fakultas Pertanian sebanyak 71 wisudawan, Fakultas Teknologi Industri sebanyak 77 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 82 wisudawan, serta  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 160 wisudawan.

“Dari total wisudawan, peraih predikat lulus Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 129 wisudawan. Pada wisuda kali ini sebanyak 15 wisudawan berhasil meraih penghargaan Karya Cendekia UPN Veteran Yogyakarta atas prestasinya,” ujarnya.

Baca juga: Dekat dengan Jogja, Borobudur Highland Bakal Punya Lima Zona Wisata

Wisuda kali ini dilaksanakan pada bulan Mei, dimana terdapat dua hari besar nasional, yakni Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei dan Hari Kebangkitan nasional pada 20 Mei. Peringatan Hari Pendidikan Nasional merupakan momentum untuk merenungkan kembali tiga hal.

“Pertama, memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa. Kedua, mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa. Ketiga, meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan,” ujarnya.

Pada jenjang perguruan tinggi, para mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Tahun ini ada 5 mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta yang berhasil meraih Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Satu di antara mereka berhasil meraih kesempatan studi di Yale University, Amerika Serikat.

Selanjutnya pada tanggal 20 Mei mendatang akan diperingati Hari Kebangkitan Nasional. Momen ini mengenang bagaimana para mahasiswa STOVIA dalam membangun kesadaran kebangsaan. Di kelak kemudian hari perjuangan mereka menjadi tonggak bagi lahirnya kesadaran untuk mempersatukan kekuatan seluruh suku bangsa dan merdeka dari penjajahan.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa wisuda kali ini merupakan wisuda yang istimewa karena dilaksanakan pada bulan istimewa. Dari dua peristiwa bersejarah pada bulan Mei ini kita bisa menarik benang merah bahwa masalah Pendidikan dan kesadaran berbangsa merupakan modal sangat penting dalam membangun negara. Hal itu sangat sesuai dengan UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai kampus bela negara.

“Maka pada kesempatan ini minta para wisudawan untuk betul-betul menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional itu. Keduanya disatukan dalam spirit Kampus Bela Negara, dimana semua civitas akademikanya senantiasa siap belajar, berkarya dan berjuang demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajukan Praperadilan, KPK: Silahkan, Itu Hak Tersangka

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement