Advertisement

Kasau Resmikan Fasilitas dan Layanan Baru di RSPAU Hardjolukito

Yosef Leon
Senin, 08 Mei 2023 - 06:17 WIB
Sunartono
Kasau Resmikan Fasilitas dan Layanan Baru di RSPAU Hardjolukito Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) RI Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat menandatangani prasasti peresmian layanan dan fasilitas baru di RSPAU dr Suhardi Hardjolukito pada Sabtu (6/5/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) RI Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan layanan radioterapi Linear Accelerator (LINAC), gedung siaga bencana dan renovasi fasad serta lobi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr. Suhardi Hardjolukito, Sabtu (6/5/2023). 

Dibangun di lahan seluas 500 mter persegi, gedung radioterapi LINAC RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito telah lulus uji fungsi, sehingga alat sudah dioperasionalkan untuk memberikan pelayanan penanganan kepada pasien. LINAC adalah salah satu layanan radioterapi RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito yang digunakan untuk memberikan perawatan radiasi sinar eksternal kepada pasien kanker. 

Advertisement

BACA JUGA : Pasien BPJS Kesehatan Bisa Manfaatkan Layanan

LINAC ini dilengkapi tujuh pilihan energi sehingga dapat digunakan untuk mengobati kanker dengan berbagai variasi kedalaman dan ukuran. Dengan bantuan komponen Multi-Leaf Collimator (MLC), radiasi yang dikirimkan dari alat LINAC dapat dibentuk menyerupai jaringan kanker sehingga dapat mengurangi efek samping pada jaringan sehat di sekitarnya. 

"Manfaatkan, jaga dan rawat fasilitas ini untuk bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin bagi prajurit TNI AU dan juga untuk masyarakat yang tinggal di Jogja dan sekitarnya," kata Marsekal TNI Fadjar. 

Sementara gedung siaga bencana RSPAU yang diresmikan itu mampu menampung sekitar 200 orang. Akan difungsikan sebagai fasilitas pendukung kesehatan TNI AU serta sebagai alternatif tempat pengsungsian bencana mengingat RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito terletak di area yang rentan terjadi bencana. 

"Penambahan fasilitas dan juga renovasi ini merupakan bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik, nyaman serta aman bagi pasien dan pengunjung," katanya. 

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian menjelaskan, sejak November 2022 RS ini telah merenovasi ruang tunggu dan fasad depan rumah sakit menjadi ruang nyaman dengan fasilitas yang memadai untuk meredam kecemasan pasien atau keluarga dan memecah rasa jenuh saat menunggu antrean pendaftaran di lobi utama. 

BACA JUGA : Beri Layanan Gratis, Hardjolukito Kerahkan Peralatan

"Saat ini kami juga telah memiliki aplikasi konsultasi kesehatan online dengan nama Lekasehat untuk memfasilitasi pasien khususnya keluarga besar TNI AU seluruh tanah air, dengan dokter umum atau spesialis," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement