Advertisement

Beri Layanan Gratis, Hardjolukito Kerahkan Peralatan Canggih Phaco Emulsifikasi

Sunartono
Kamis, 23 Juni 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Beri Layanan Gratis, Hardjolukito Kerahkan Peralatan Canggih Phaco Emulsifikasi Sejumlah pejabat TNI AU melihat proses operasi mata secara live lewat layar TV di Poli Mata RSUP Hardjolukito, Kamis (23/6/2022). Operasi ini menggunakan alat Phaco Emulsifikasi. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-RSPAU Hardjolukito Yogyakarta mengerahkan peralatan canggih dalam pelaksanaan bakti sosial memberikan layanan gratis kepada masyarakat, Kamis (23/6/2022). Salah satunya alat phaco emulsifikasi merupakan alat canggih untuk operasi mata.

Aspers Kasau Marsda TNI Elianto Susetio menjelaskan kegiatan hari bakti TNI AU ke-75 tahun ini digelar lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya karena pandemi sudah mereda. Salah satunya melalui layanan kesehatan gratis kepada masyarakat seperti di RS Hardjolukito dengan melibatkan banyak masyarakat. Termasuk mengerahkan sejumlah peralatan canggih untuk operasi katarak.

Advertisement

"Walaupun peralatan ini baru dan canggih ini tetap kami kerahkan untuk masyarakat, jadi tidak hanya disimpan. Kami berkomitmen benar-benar ikut berpartisipasi menyehatkan masyarakat," katanya kepada wartawan di sela-sela kunjungan ke RSPAU Hardjolukito, Kamis (23/6/2022).

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dan kepedulian untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekaligus meringankan beban akibat dampak pandemi Covid-19. "Harapannya TNI AU turut mendukung pemulihan ekonomi nasional sebagai respons atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi," katanya dengan didampingi Kadiskes TNI AU Marsma TNI Swasono Rahayu.

Baca juga: Ancaman Hepatitis Akut, RSPAU Hardjolukito Dirikan Posko Layanan

Kepala RSPAU Hardjolukito Yogyakarta Marsekal TNI Mukti Arja Berlian menjelaskan dalam kegiatan itu terdiri atas donor darah yang diikuti sebanyak 600 orang, vaksinasi booster tercatat 200 orang, pembagian 300 paket sembako dan khitanan massal ada 105 anak yang mengikuti. Sedangkan untuk operasi katarak antusiasi warga DIY juga sangat tinggi dengan jumlah pendaftar sebanyak 257 orang. Akan tetapi setelah dilakukan skrining hanya 178 orang yang memenuhi syarat secara medis untuk dilakukan operasi.

"Kegiatan bakti sosial ini merupakan rangkaian hari bakti TNI AU. Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat DIY untuk menggunakan layanan kesehatan," katanya.

Hardjolukito memiliki sejumlah peralatan canggih yang tergolong baru yaitu Phaco Emulsifikasi. Alat ini dipakai untuk operasi katarak dengan sayatan kornea hanya 2,2 milimeter.

"Alat ini memang belum banyak dimiliki rumah sakit lain, sehingga masyarakat DIY bisa memanfaatkannya. Untuk pelaksanaan baksos layanan gratis ini juga kami kerahkan alat tersebut," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement