Advertisement

Kalurahan Tirtomartani Dikukuhkan Sebagai Rintisan Desa Budaya

Catur Dwi Janati
Senin, 08 Mei 2023 - 05:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Kalurahan Tirtomartani Dikukuhkan Sebagai Rintisan Desa Budaya Pelaksanaan Festival Budaya 2022 di Cupuwatu, Kalasan, Sleman, Jumat (23/12/2022). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Ratusan warga Tirtomartani mengikuti kirab budaya dan upacara Hari Jadi Pemerintah Kalurahan Tirtomartani, Kapanewon Kalasan ke-76 pada Sabtu (6/5/2023). Pada perayaan ini Kalurahan Tirtomartani juga dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya.

BACA JUGA: Kontes Kambing Ras Kaligesing dan Domba Lokal Tingkat Nasional Digelar di Sleman

Advertisement

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi pelaksanaan kirab budaya yang dinilai sebagai upaya pelestarian budaya. "Selain merekatkan warga dengan rasa kebersamaan, [kirab budaya] juga sebagai upaya menjaga dan melestarikan budaya kita," tutur Kustini di Lapangan Raden Ronggo Tirtomartani.

Lebih lanjut Kustini berharap peringatan Hari Jadi Kalurahan Tirtomartani ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan perekonomian dan membawa masyarakat pada kemakmuran. Ia mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan, sikap gotong royong dan sikap saling menghargai untuk mewujudkan Sleman sebagai rumah bersama.

BACA JUGA: Sleman Ikut Lesu saat Libur Lebaran, Target Kunjungan Wisatawan Tak Tercapai

"Semoga dengan upaya kita dalam melestarikan budaya dan tradisi, dapat menjadi sarana untuk mengembangkan perekonomian masyarakat dan merekatkan kerukunan antarwarga," ungkapnya.

Peringatan pada tahun ini melibatkan 17 padukuhan yang masing-masingnya membawa setidaknya 50 peserta. Tak hanya diwarnai dengan kirab, peringatan Hari Jadi Kalurahan Tirtomartani juga diselenggarakan momen pengukuhan Kalurahan Tirtomartani sebagai Rintisan Desa Budaya oleh Bupati Sleman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement