Advertisement

Update Pembangunan Tol Jogja Bawen, Bakal Dibangun Jembatan Elevated di Atas Selokan Mataram

Abdul Hamied Razak
Selasa, 09 Mei 2023 - 15:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Update Pembangunan Tol Jogja Bawen, Bakal Dibangun Jembatan Elevated di Atas Selokan Mataram Salah satu pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini di jalan Tol Jogja-Bawen adalah pekerjaan jembatan elevated pada Saluran Mataram, Selasa (9/5 - 2023). Dok.PT JJB2023

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini di jalan Tol Jogja-Bawen adalah pekerjaan jembatan elevated pada Saluran Mataram. Keberadaan jembatan melayang ini dibangun agar tidak menggangu aliran sungai sehingga aliran tersebut masih bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

A.J. Dwi Winarsa Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (PT JJB) menjelaskan rencana pemasangan erection girder (Instalasi Jembatan) perdana di lokasi Selokan Mataram tersebut akan dilaksanakan pada Mei 2023. "Pekerjaan ini merupakan proses pengangkatan gelagar beton yang sudah di produksi sehingga jembatan terpasang di atas Selokan Mataram," katanya melalui siaran pers, Selasa (9/5/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Konstruksi Tol Jogja-Solo Seksi 1 Rampung Akhir 2023, Ini Progresnya

Progres Jalan Tol Jogja - Bawen Seksi 1 Ruas Jogja – SS Banyurejo sepanjang 8,8 Km capai progres kontruksi sebesar 36,14%. Adapun progres lahan mencapai sebesar 64,65% pada April lalu. Untuk Seksi 1 di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakata pembebasan keseluruhan lahannya ditarget selesai pada Tahun 2024.

"Untuk kegiatan penambahan lahan di wilayah DIY sampai dengan saat ini masih tahap pengumuman daftar nominatif dan akan segera dilaksanakan kegiatan penilaian apraisal. Untuk realisasi pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) ditargetkan bisa selesai pada tahun ini," ujarnya.

Disinggung soal tanah karakteristik khusus di wilayah DIY, Dwi mengatakan sampai dengan saat ini sedang berproses dan menunggu diterbitkannya serat palilah dan serat kekancingan dari Keraton Yogyakarta. "Sambil menunggu terbitnya serat palilah, koordinasi dengan pihak-pihak terkait, pelaksanaan konstruksi Jalan Tol Yogyakarta - Bawen tetap diusahakan berjalan sesuai rencana," katanya.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Dibuka, Kecepatan Kendaraan Maksimal 40 Kilometer Per Jam

Dalam hal kegiatan pengadaan lahan untuk keperluan proyek pembangunan Jalan Tol Jogja – Bawen, PT JJB terus berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Yogyakarta - Bawen Direktorat Jenderal Bina Marga – Kementerian PUPR, Badan Pertahanan Nasional Kantor DIY, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN).

Dwi menegaskan pembangunan Jalan Tol akan tetap memperhatikan aspek historis dari Keraton Yogyakarta dan situs-situs cagar budaya serta purbakala yang berada di wilayah DIY, dari sisi penghijauan diharapkan Jalan Tol Johja - Bawen ini bisa mempunyai beautifikasi Jalan Tol yang indah sehingga nyaman di lewati oleh pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Iran-Israel Bayangi Inflasi di Indonesia

News
| Senin, 15 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement