Advertisement

Nomor WhatsApp Bupati Sleman Diretas

Lugas Subarkah
Selasa, 09 Mei 2023 - 12:17 WIB
Jumali
Nomor WhatsApp Bupati Sleman Diretas Tangkapan layar pesan yang dikirimkan peretas WhatsApp Kustini, Selasa (9/5/2023) pagi - ist Kustini Sri Purnomo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Nomor WhatsApp Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, diretas sejak Senin (8/5/2023) malam. Peretas menyalahgunakan nomor orang nomor satu di Sleman itu untuk menipu dengan meminta uang.

BACA JUGA: Sempat Diretas, Akun Medsos Bupati Kustini Ditangguhkan

Advertisement

Saat dikonfirmasi, Kustini membenarkan nomor WhatApp miliknya telah diretas. Hal ini baru diketahui pada Selasa (9/5/2023) pagi, ketika ia sudah tidak bisa mengakses WhatApp-nya.

"Saya tahunya pagi tadi. Saat mau buka WA, itu sudah ke-logout. Ini pertama kalinya berhasil diretas. Sebelumnya selalu gagal," ujarnya.

Setelah diperiksa oleh asisten pribadinya, baru diketahui ternyata upaya peretasan sudah dilakukan sejak malam sebalumnya. Hal itu diketahui dari puluhan kode One Time Password (OTP) yang masuk di pesan nomor miliknya.

Peretasan diketahui terjadi menjelang tengah malam.

"Kemungkinan pelaku mengacak OTP-nya. Soalnya di pesan sms nomor saya itu masuk puluhan kode OTP sejak pukul 23.30. Berarti upaya masuknya sejak waktu itu,” katanya.

Peretasan berlanjut dengan pengiriman pesan ke beberapa orang melalui nomor Kustini. Beberapa pihak telah dikirim pesan oleh pelaku yang berisi permintaan sejumlah uang dengan modus untuk diberikan kepada keponakannya.

Kustini mengklarifikasi jika pesan tersebut bukan berasal dari dirinya dan agar penerima pesan mengabaikan pesan tersebut. Ia juga meminta masyarakat dan semua pihak untuk berhati-hati dan menunggu informasi selanjutnya.

Saat ini, upaya pemulihan WhatsApp Kustini sedang diupayakan.

"Ini sedang diperbaiki, semoga bisa diambil alih lagi. Apabila ada masyarakat yang menerima WA dari nomor saya, itu jelas dari penipu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBNU Siapkan Langkah Strategis Bantu Rakyat Palestina

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement